TV SERIES REVIEW - DRACULA (2020)

Ini Darahku, mana Darah (kotor)mu?


Bloody Legend

Apa yang ada di kepala lo ketika lo denger Dracula? Pasti hal-hal ini yang lo pikirin: gigi taring, isep darah, bapak-bapak, jubah item. Kalo gw itu sih yang gw pikirin, haha. Since gw gak pernah baca novel karya Bram Stroker ini atau nonton filmnya sebelumnya, jadi gw cuma tau tapi gak kenal sama Count Dracula ini. 
ya begini kan bentukannya Dracula

Created by: Mark Gatiss & Steven Moffat
Terus kenapa tiba-tiba gw mau nonton ini miniseries di Netflix?  Jawabannya: Mark Gatiss & Steven Moffat. Siapa tuh dua orang? Mereka yang bikin Sherlock nya Benedict Cumberbatch. Yes itu my all time favorite depiction of Sherlock Holmes! Suka banget gw parah, semuanya bagus dari premis (Sherlock di kasih case dengan setting waktu masa kini), storytelling nya, acting nya, directing nya. Wah hampir semuanya deh gw suka, somehow emang series British tuh punya style yang beda sih sama series Amrik punya, beda in a good way ya. Balik lagi woy bes! Nahh gw sangat bersemangat gitu pas gw tau the Duo Gatiss & Moffat adaptasiin Dracula, jadi gak pake mikir langsung gw setel deh tuh.

Blood is layf

Mungkin disini gw akan sedikit spoiler, buat yang udah nonton sok lanjut boleh, yang belom nonton emmmmhhh, yaudah lanjutin aja lah ya. lol. Inti ceritanya lebih ke Origin Story tapi gak origin - origin banget. Jadi ini serialnya cuma 3 episode, ya macem Sherlock gitu. Judul dan sentral karakternya gak boong, karena Dracula-sentris banget. Dan itu gw suka apalagi yang meranin si Claes Bang, gw gak tau ini siapa aktornya tapi si om yang mirip banget sama Seth Macfarlane (yang bikin Family Guy itu lho) ini apik banget sih meranin Draculanya. Wibawanya ada, karisma gantengnya ada, seremnya ada (pake banget), jadi ya emang paket komplit gitu. 

Oke terus gimana series nya? Gw jujur gak bisa nebak ini cerita di tiap episodenya mau dibawa kemana, dari episode 1 ini ya gw bahas. Gw kira ini modelannya jadi kayak Sherlock gitu, dimana si Dracula dibawa ke jaman masa kini, eh tapi ternyata enggak dong di episode 1. Settingnya tahun 1897 alurnya pake maju mundur dengan kisah pertemuan antara Dracula - Jonathan Harker & Jonathan Harker - 2 Suster Biarawati gitu. Wah Episode pertama tegangnya sih sakit parah sih!!! Ya emang bener 1st Impression is everything itu ditunjukin di awal serial ini. 2 Aktor yang menonjol keliatan banget dari si Dracula sendiri sama ada 1 biarawati yang mencuri perhatian gw, dan pas di mendekati ending di episode 1 ternyata si suster itu adalah Van Helsing *BAAMM!! Van Helsing gw pertama kali tau dari film nya Hugh Jackman, lol. Yang gw tau pokoknya Dracula vs Van Helsing tuh ibarat Luke sama Darth Vader lah ya, bener-bener Arc Enemy banget. Pemaparannya rapih banget deh, jadi gw langsung lanjutin lah tuh Episode 2nya.

Dracula & Jonathan Harker
Episode 2 dibuka tiba-tiba di kapal gitu, terus kayak Dracula mulai ketemu banyak orang yang ada di kapal dan mulai deh konflik dari penghuni kapal, suster Van Helsing sama Draculanya. Bridging dari eps 1 ke 2 nya juga rapih ngasih taunya gimana. Walaupun emang gw semacem 30 menit pertama agak bosen sama ini episodenya. Tapi pas di adegan klimaksnya boleh lah gw bilang, apalagi ditutup dengan ending Dracula tiba-tiba nyampe di Present Time, which means sampe di Masa sekarang cuyy 2020!!! MEEENNN! DEGDEGAN GW LANGSUNG! 

Dracula + penumpang kapal
Lanjut Episode 3 terakhir, nah ekspektasi gw udah mulai tinggi nih disini karena gw harap ada pamungkas closing yang asik sekalian kasih clue-clue buat lanjutan di Season 2 nya. Tapi ternyata tetooottttt. hiksss. Dengan perkenalan karakter-karakter baru (yang mungkin akan jadi kunci di cerita selanjutnya) gw masih nyaman sih ngikutinnya, karena disini ditunjukin gimana Dracula beradaptasi sama jaman sekarang. Tiba-tiba Dracula bisa Skyping, pas ditanya "lah lo dapet darimana password Wifinya?" itu lol sih. cuman ya gw agak sedikit gimana gitu sama endingnya. Endingnya tuh kayak Ending tapi bukan Ending juga bukan bridge to Starting. Gimana yak gw jelasinnya yaakk. Ya gitu deh endingnya antiklimaks deh bahasa gampangnya. Itu tuh kalo misalkan gak dilanjutin lagi di season 2 yaudah fix jadi Forgettable Story aja sih gw bilang. Sayang banget padahal :( Gw berharap sih masih mau dilanjutin lagi ke chapter selanjutnya ya, gw masih pengen liatin Dracula vs Van Helsing di universe ini soalnya :")

beneran mirip Seth Macfarlane kan?

Overall?

Mungkin gw rate tiap episodenya aja kali ya
  • Episode 1: The Rules of the Beast ->  9/10
  • Episode 2: Blood Vessel -> 7/10
  • Episode 3: The Dark Compass -> 6/10
Yes ini serial buat gw semakin tambah episode semakin turun grafik nya dari segi ceritanya, tapi masih entertaining dan worth to watch buat gw. Dan kalo emang dilanjutin ceritanya gw pasti akan lanjut ikutin. Walaupun gw pesimis akan ada season 2.... pesimis tapi ngarep......



Komentar

Postingan Populer