MOVIE REVIEW - ARUNA & LIDAHNYA (2018)

Lupa Filmnya Ingat Rasanya...

Aruna & Gimana Keadaannya

iyaiyaiya ini film lama iya, tapi gw baru nonton kemaren di Netflix, bukan di GoPlay yang konten felemnya masih dikit tapi pasang harga yang overprice. booo! eniwey, siapa yang gak tau Dian Sastro sama Nicholas Saputra? sekelas sama Romeo-Juliet, Jack-Rose, Jojo-Jejen tau gak nih dua orang. Akhirnya diketemuin lagi dong berdua. Dulu tuh gw pengen nonton di bioskop saking penasarannya, ehtapi secara mengejutkan cuma bentar loh penayangannya di bioskop Tanah Air 2 tahun lalu. hhhmmmm. Padahal Dian Sastro loh! Nicholas Saputra loh!! ditambah sutradara nya Edwin. Udah namanya Edwin banget doang emang, jangan ekspek ada nama belakangnya. lol. Ini sutradara yang bikin Posesif lohhhhhh!!!! jangan bilang lo gak tau film Posesif? ah auk ah! gugel sendiri aja sana tuh film Posesif apaan, masa iya film yang menang Sutradara Terbaik di ajang FFI 2017 lo gak tau. udeeee yee balik lagi ke lidahnya Aruna lagi yee. Maksud gw dari aktoraktris oke, sutradara oke, premis cerita oke, eh tapi kenapa cuma 130,000 penonton dari 11 hari penayangan? *lo dapet data dari mana bes? ya tau dari wikipedia lah, dari mana lagi emang?

Jadi bisa dibilang ya gak ramerame amat lah ya ini film, jadi bentar deh penayangannya. Nah lo udah tau kan keadaannya gimana, nah gini gw ceritain ceritanya kayak gimana..

Aruna & Gimana Ceritanya

Long story short, ada cewe namanya si Aruna (Dian Sastro) karyawan swasta yang doyan makan, punya temen baek namanya Bono (Nicholas Saputra) yang profesinya Chef terus nimbrung Aruna jalanjalan. Aruna dapet tugas dinas selidikin kasus Flu Burung sama kantornya di beberapa kota di Indonesia. Aruna dapet rekan kerja yang nemenin dia si Farish (Oka Antara), terus gebetannya Bono juga ikut si Nadezhda (Hannah Al Rasyid). Udah gitu doang udah premisnya, terus gimana filmnya? nah ini nih mayan panjang kita bahas!


Aruna & Drama gak pentingnya, karena Karakter + Makanannya yang jauh lebih menarik daripada konflik kantorkantorannya


Ibarat acar di nasi goreng, yang gw heran suka ada padahal gak penting itulah menurut gw cerita konflik drama perkantorannya Aruna sama film ini. Asli deh kalo itu investigasi-investigasian flu burung lo skip, gak akan bikin pengaruh yang signifikan buat lo nikmatin ini film. Beneran, konflik cinta-cintaan yang obvious gitu juga udah gak dapet buat gw. Maksud gw gini, karakternya udah solid banget, gw sangat menikmati akting-akting natural dari ini 4 tokoh, apalagi breaking the fourth wallnya Aruna, senyumsenyum nyengir sendiri gw. Gw udah terhibur sama tokoh-tokoh di filmnya, dialog-dialognya. Mereka berempat tuh udah sempurna merepresentasikan temen ngumpul - ngobrol - ngebanyol pas lagi makan-makan dengan kondisi ideal. Lo tau gak kenapa kondisi ideal? karena mereka samasama nikmatin makanan, nikmatin keadaan tanpa ada yang main hp sambil instagraman. lalalalalala.  Tapi ya gitu lemah dari sisi story. Kita tau Aruna goal nya mau Nasi Goreng di Pontianak tapi dikemasnya jangan gitu dong.

So, film yang diadaptasi dari buku ini semacem jadi make sense di kepala gw kayaknya kenapa gak begitu rame di bioskop. Mungkin emang ya karena ceritanya standar aja gitu, kayak lo abis makan ketoprak pedes pake telor dadar di pinggir jalan, dengan rasa ketoprak seperti biasa, hasil output yang cukup kenyang, dan ketika lo bawa tidur malemnya, lo buang deh di jamban besok paginya. udah gitu aja.

Aruna & Nilainya

6/10

Ambience, lovable characters, food presentation, directing style udah suka banget sih gw, cuma emang agak kurang aja buat gw drama konfliknya yang sekelas FTV. Gak jadi maknyus deh.




with the most infamous line & tone nya yang Dian Sastro bikin heboh di AADC 2:
 "Rangga, yang kamu lakukan itu JAHAT!"


nah di Aruna, Dian Sastro sepertinya mau mencoba lagi dengan line & tone:
"Bukannya saya ya yang harus nanya, ADA APAAAAA YA SEBENARNYA?"


tapi sepertinya Failed. hahaha. So sad....
*liat aja diujung trailer ada tuh potongan one liner-nya.

Komentar

Postingan Populer