MOVIE REVIEW - 1917 (2020)


ONE CUT AT A TIME IS THE ENEMY


Not a typical war movie

Buat lo-lo pada yang suka bilang gini: "ah gw gak suka film perang" gw mau kasih tau! Emang ini iye bener film perang, tapi bener-bener film perang yang gak pernah lo tonton sebelum-sebelumnya. Bahkan gw bisa bilang kalo lo abis nonton ini film mungkin lo bakal jadi suka sama film perang. lol. Sam Mendes is back! Wohooo!! Mungkin emang banyak yang tau si om Sam ini dari 2 film James Bond terakhirnya dia: Skyfall & Spectre. Tapi gw sih emang suka banget ya sama ini orang dari debut film pertamanya tuh yang judulnya American Beauty, nonton deh itu classic humanistic story banget, nendang pesan moral sosial bett! Dan kalo soal urusan film perang bukan hal yang baru buat doski, secara dia udah pernah bikin film perang kisah nyata juga yang bukan nekenin perangnya, I mean tembak-tembakannya, ato ledak-ledakannya tapi lebih fokus ke psikologis tentara-tentaranya, film apakah itu? aha! Anda salah! bukan Pengkhianatan G30SPKI tapi judulnya Jarhead. But the point is gak usah diragukan lagi lah tangan sutradara ini, sampe-sampe gw pengen berpantun:

Jalanjalan bawa kamera nikon! *cakep*
Jangan lupa fotofoto di gunung Andes! *cakepbangettuh!*
Lu orang jangan bikin alesan,
Buat gak nonton film nya Sam Mendes!!!  WOOOOOOOO

*failed

1917: a movie tribute to his grandfather btw

Human Messenger *bummer

Emang dasar beda jaman lah ya, kalo sekarang kirim pesen bisa langsung pake Whatsapp, dulu tahun 1917 buset! Cuma ngirim 1 pesen buat batalin serangan Tentara Inggris ke Pasukan Jerman doang pake nyuruh 2 tentara Inggris yang dimainin sama Dean-Charles Chapman (gw tau ini orang dari Game of Thrones si Tommen Baratheon) & George MacKay (yak! gw gak tau ini orang main film apaan sebelumnya). Udah ceritanya gitu doang asli, suruh kirim pesen doang udah, semacem lo mau kirim barang pake Go-Send pilih paket Instant Delivery, karena mesti cepet-cepet gak boleh lama, tagline filmnya aja udah "Time is the Enemy". Sesimple itu ceritanya udah... ya udah.... udah... mau apa lagi woy. udaah!

(bukan) Band of Brothers


Terus yang bikin ini film bagus bangetnya dimana? -mungkin lo akan nemu spoiler abis ini, kalo lo gak suka kena spoiler, yaudah tetep baca aja napa sih. lol- Nah ini nih part sintingnya: itu semua dituturkan secara (seolah-olah) One Cut alias Real time! Gimana yak gw jelasinnya, intinya gini deh seakan-akan tuh film nya bergulir gitu aja tanpa ada potongan jadi lo bener-bener ikutin suasananya nyambung ngalir gitu aja. Kalo lo suka main game adventure, nah itu lah perasaan lo ketika nonton film ini. Lo dibikin sebagai penonton yang ikutin perspektif nya si pemeran utama dari awal sampe abis filmnya. Secara teknis perfilman sakit sih, walaupun memang ini profesional banget dengan "Cheat" cut per cut nya, salute buat Cinematographernya Roger Deakins. Selain itu Scoring Musicnya juga yaampun! Thomas Newman berhasil banget bawain suasana adegan sama backsound yang emosional banget, itu lho ya scene ter-EPIC yang lari sprint di penghujung film yang katanya si aktor sendiri si George MacKay "beautiful mistake" karena nabrak-nabrak tentara lain gak pake skrip men! Buset!!! mata gw berkaca-kaca liat scene itu beneran. haha! Ya emosi jiwa nya kebawa banget dari seolah-olah One simultaneously cut dari awal filmnya sih kalo gw bilang. This is your time MacKay!! YOUR TIME!! SPRINT THE HELL OUT OF IT!!! :")

RUN MACKAY RUN!!!!


Nah ngomongin cut, buat yang udah nonton bahas yuk! gw bisa bilang cut yang obvious, dan buat mata orang awam kayak gw ada di part-part ini nih:

  • Jalan di gorong-gorong - masuk terowongan - gelap - Cut
  • Terowongan - tikus - perangkap - bom - meledak - Cut
  • Naik lantai 2 - mau tembak tentara jerman sekarat - ketembak - pingsan - Cut (ini jelas lah ya)
  • Lari - kejarkejaran tentara jerman - kabur - lompat - nyebur sungai - Cut
  • Mission Accomplished - Nyender pohon - Cut - Tamat
  • dan scene-scene yang kameranya nutupin badan orang / objek / pohon / tanah / dll - Cut
Lolll. Itu sih buat gw, rasa-rasa gw pengen nonton lagi nih film terus nebak-nebak mana cut-cut nya lagi. hahahaha

Last Man Standing

10/10

Yes!!! I give this movie PERFECT SCORE for this early 2020. WOW! Ya gw bilang 2020 yaaah, karena rilis di Indo Januari kann bukan rilis di Inggris Amrik yang Desember kemaren. Anyway Jarang-jarang kawan ada film perang yang kayak beginian modelannya, mungkin lo bisa liat film one Cut tipikal Birdman atau One Cut of The Dead yang geblek itu. hahaha. Tapi ini film perang men! sekali lagi film perang yang banyak orang bilang atau mungkin lo yang baca ini bilang: "Gw gak suka film perang", tapi abis lo nonton ini, mungkin lo berubah kali pikirannya.

nonton gw yak besok yak!

So please, weekend besok ke bioskop nonton ini musti! No second thought, karena film ini akan beda pengalamannya kalo lo nonton di tv rumah, ato bahkan kalo lo nonton di HP sambil lo gelantungan di KRL sambil nunggu kereta ketahan di Stasiun Manggarai. (cieee angker senyumsenyum sambil baca blog ini juga cieeee *angker: Anak Kereta) bhye!



Komentar

Postingan Populer