Stand Up Comedy Review - Komoidoumenoi by Pandji Pragiwaksono (2022)


Rentetan Kejadian yang bisa jadi Objek Tertawaan

Yes, itu arti Komoidoumenoi = Objek Tertawaan, keluar dari kepala orang Yunani namanya Aristophanes yang jadi "The Father of Comedy"

the founding father

The Journey - The Special Show, Me & Feby

Gw pengen menceritakan perjalanan likaliku perjalanan hidup gw yang beririsan sama show Stand Up Comedy Pandji yang satu ini. It's going to be long story, tapi gw pengen ceritain, supaya 10-20 tahun lagi kelak, gw bisa tersenyum kalo gw baca tulisan ini lagi.

Akan ada 3 pihak yang akan sering gw sebut disini yaitu: gw, istri gw namanya Feby, dan Pandji itu sendiri. hehe

2019

It all started dari gw dan Feby dateng nonton Live Special Show - Pragiwaksono World Tour di JCC Senayan, Jakarta bulan Januari. Kebetulan gw ada tulis nih review panjangnya disini. Bisa dibaca kalii disinii haha 

Dari akhir special nya itu, Pandji bilang dia akan bikin show selanjutnya namanya yang susah banget disebutin "Komoidoumenoi" Gw inget waktu itu dia kayak bikin konsep posternya tuh semacem two face tapi muka Pandji sama Badut dan akan mulai di 2020, ya gw sih penasaran, makanya gw pantengin infonya terus di sosial medianya. 

sampai akhirnya bit Kucing di special show kelima itu went viral, banyak yang tersinggung dan menghujat, gw dapet info kalo Pandji ubah konsep narasinya jadi TersinggungOlehPandji.com

2019 - 2020

untung gw punya nih buku

For some reasons Pandji bikin special judulnya "Septictank" di Universitas Sanata Dharma, Jogjakarta, konon itu terlalu kotor sesuai dengan titelnya, yang dampaknya gak akan dirilis digital downloadnya. haha. Gw yang gak nonton jujur penasaran, tapi penasaran gw terobati dengan gw beli buku Septictanknya, dan nonton versi sopannya di special yang judulnya "Hiduplah Indonesia Maya"

ini keren sih shownya

Masuk awal tahun 2020 (spoiler alert: tahun paling gak asik ini asli), Pandji bikin campaign dengan pasang-pasang billboard / videotron di jantung sekitaran kota Jakarta untuk promosiin Komoidoumenoi. Saat itu kantor gw di daerah Sudirman, gw suka liat tuh iklannya yang Pandji kelilit mikrofon. Semakin kepengen gw untuk beli tiket.

Kucing always gets me. lol

Sampai di bulan kedua tahun itu, berita Covid-19 masuk Indonesia. 2 orang dari Depok dapat informasi dari bpk Presiden Jokowi positif Corona. Dan kita tau cerita selanjutnya dengan PSBB kemudian PPKM berserta level-levelnya.

Sebagai salah satu orang yang agak worry sama Covid saat itu, ditambah ketidakpastian dan ketidakjelasan dengan apa yang akan terjadi, Pandji tetap coba jualin tiket di 15 Juni 2020.

Gw dan Feby? menetapkan pilihan untuk gak beli tiket, dan somehow at that year and that moment, kita pikir kita mengambil keputusan yang tepat. Kenapa? Karena betul, Desember 2020 Covid belum bisa dibendung, dan show terpaksa diundur, akibatnya banyak orang yang refund, dan gerakan #TimTahanTiket bermunculan dari situ.

Sampai akhirnya Pandji meresponi dengan bikin show penonton terbatas, dengan harga yang relatif gak murah terus dikasih judul: "Keadaan Kahar" acara stand up comedy yang diadain outdoor di lantai paling atas gedung Menara BCA, Skye, Jakarta. Gw nonton versi Digitalnya. Apa yang lo harepin dengan bit-bit yang di tes kelucuannya sama Pandji lewat stand up via Zoom? ya show literally Force Majeur ini jawabannya, karena emang gak begitu rapih dan terlihat seperti gak solid jokenya buat gw pribadi. haha

literally Keadaan Kahar

2021

Pandji keliatan berusaha buat lanjutin Show Komoidoumenoi, gw dan Feby? masih mikir ini Corona belum begitu kondusif, jadinya kita gak beli lagi. Dan bener, dibatalin lagi. Asli gw jujur pusing sih kalo jadi Pandji ini. Kesian banget.

Singkat cerita, Pandji ngeresponin dengan show agak terbatas lagi pake judul "Ternyata Ini Sebabnya", gw nonton digital downloadnya, dan buat gw itu standup terlalu dalem banget sih. Gila! Gw suka banget argumen-argumennya kayak di bit Ranking, Stunting, Psikolog, sampe ke topik Marriage Relationship antara Pandji sama istrinya Gamila. Karena itu relate banget ke gw dan Feby. haha

powerful epilogue after Pragiwaksono World Tour

2022

Sampe tiba di tahun ini, posisi gw masuk kantor baru, gw dan Feby pun juga baru jadi orangtua dengan kehadiran anak ketiga, haha. Somehow waktu Komoidoumenoi di promosiin disini, gw punya feeling ini bakal jalan nih di akhir tahun 2022 ini. Dalam hati gw, it's now or never. Tapi gw kayak bergumam dalam hati: gw fokus sama lahiran anak ketiga gw dulu deh baru gw pikirin, akan gw beli ato gak ini tiketnya.

5 September 2022, anak ketiga dan terakhir gw (harusnya terakhir. lol) lahir. Dan gw coba bilang baik2 ke Feby setelah lewat 40 hari pertama, gw bilang: Desember yang stand up nya Pandji itu bakal dibikin di Istora, nonton yuk, kali ini pasti jadi sih, udah mau masuk Endemi juga disini.

Feby bilang: Oke. Sontak langsung gw beli di bulan Oktober, jadi gw bikin tagar sendiri saat itu: #TimBaruBeliTiket haha

Jadi, gw rangkum lagi tahun 2022:

- gw baru beli tiket
- gw newcomer join kantor baru
- gw dan Feby punya anak nomor 3 yang baru 

nih ketiga poin ini akan jadi 3 hal penting yang akan mempengaruhi cerita selanjutnya pas gw nonton di hari H nya. siapsiap ya. haha!

The Wait Is Over

Untuk #TimTahanTiket pasti udah menunggu banget tanggal 4 Desember 2022 ini, gw pun yang mengikuti perjalanan prosesnya juga seolah-olah terbawa arus hypenya, kan gw bilang gw masuk di #TimBaruBeliTiket, hehe

Oktober akhir gw beli tiketnya, sisa Silver saat itu, terus November awal gw dapet info di kantor gw, kalo tanggal 5 Desember jam 14.00, 1 hari setelah Komoidoumenoi, korporat tempat gw baru join bekerja ini ada Budget Meeting. Budget Meeting itu semacem Rapat Kerja tahunan, bahasannya tentang business review tahun berjalan, dan target di tahun 2023 kedepan. Ini semacem sidang skripsi lah level ketegangannya, karena lo berhadapan dengan CEO & Jajaran C-Level lainnya. Bedanya kalo sidang skripsi resiko lo di IPK, tapi kalo budget Meeting resikonya lo bisa di PHK, dramatisir doang ini. haha, tapi maksudnya karir lo yang jadi pertaruhan pak. gitu lah tegangnya kuranglebih.

Gw memakai mindset

okelah 1 bulan November ini gw siapin dan gw pelajari bener2 ni Budget Meeting, dan gw mencoba merehatkan kepala gw dengan ikutin acara komedi hari minggu sebelum gw di sidang hari seninnya. Toh meetingnya kan hari Senin jam 14.00 (sekali lagi, jam 14.00 siaang yaa) gw masih ada waktu untuk prepare Sistem Kebut di 1st half of the day di pagi-paginya untuk quick summarize lagi.

Minggu, 4 Desember tiba, gw dateng lah sama Feby, gw parkirin mobil gw di Hotel Sahid Jaya, gw lanjut naik MRT, gw trauma kena macet terus cari parkir di kawasan Senayan yang suka banyak event gitu soalnya. Kita titip 3 anak kita sama orangtua kita di rumah. Berhubung kita punya 1 anak bayi baru yang minum susu lewat ASI, jadi Feby bawa tas isinya pumpingan dan beserta teman-temannya.

Kita sampe sore jam 17.00 pas di gate diperiksa, ditanya sama petugasnya: isi tas nya apa kak? makanan / minuman? gw bilang minuman, terus pas dia mau bilang: oh gak boleh kak bawa dari luar, gw reply lagi: ini minuman stok ASI istri saya. Terus petugasnya jadi gak enak, tapi gw kasih tau dengan nada becanda tapi fakta beneran. hehe.

Acara Dimulai

Dengan tiket silver yang gw beli, gw masuk di pintu utama terus belok kiri, dapet lah best spot gw karena dateng lebih dulu dipinggir. Feby bilang ke gw: jam 18.00 aku mesti pompa buat susu ASI nih, gw taro botol minum yang gw beli di bangku gw supaya gak didudukin orang lain, terus gw sama Feby jalan lah muterin venue Istora. Kita cari-cari mana spot yang bisa buat Feby Pumping ASI. Gw percaya Comika Event udah pikirin mateng-mateng spot-spot denah yang bisa membantu banyak orang. Dari prayer room, daycare sampe akses disabilitas, I really respect that. Tanpa mikirin diri kita sendiri, kita sadar kalo gak ada spot yang baik untuk Pumping ASI ini. Gw pun juga mikir, berapa sih skala ibu menyusui yang mau nonton acara komedi? kenapa mesti dibikin khusus ruang laktasi? Jadi yasudah apa boleh buat, kita gak dapet best spot buat keluarin, Feby memutuskan untuk tahan ASInya selama acara, sambil gw cek jam tangan gw secara berkala untuk hitung waktunya.

18.45 

Podcast Senen Kemis masuk ngisi di pinggir panggung. Ada Barry, Popon, Heri Hore, Yudha. gw persis diatasnya mereka, dari mereka ngobrol berempat ampir ada 1 jam lebih, dari awal sampe akhir gw gak menikmati, kenapa? karena soundnya. Gw mikir ini microphone 4 orang ini ngaco kali ya, pecah banget sound systemnya, kayak kebagi 3 gemanya, gak bulet suaranya, gw gak denger apa-apa dari mereka ngobrol2 sambil keluarin bercandaan. Dengan harapan, ya microphone nanti yang tampil di tengah panggung bagus lah ya harusnya.

tuh gw diatasnya persis duduknya

20.05 

masuklah opener lokal, gw lupa namanya, yang gw inget ini orang petugas PLN aja. Saat dia sampein salam sampe lempar 1 materi, gw yang kayak: aduh, salah spot gw nih kok bisa ada yang ketawa? sedangkan gw sama Feby yang kayak: hah? ngomong apa dia barusan? berhubung dia cuma sebentar kita yang kayak yaudahlahya.

20.15 

Masuk Marshel Widianto, gw ngakak sebesar-besarnya ketika dia masuk sambil nyanyi lagu NDC Worship - Waktu Tuhan. Itu asli gila bener! gw dalem hati kayak: gw perasaan mau nonton acara lawak, kenapa jadi berasa Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) hahahaha! Kenapa gw ketawa gede, karena kayak hampir 1 Istora tuh teriak nyanyi pas di refrain ujung: "......WAKTU TUHAN PASTI LEBIH BAIK!" dan kita tau kan kalo Kristen itu Minoritas. LOLLL

Sampe dia lempar joke soal Bencana Gempa Cianjur, gw yg hit & missed sambil, hah? apaan? terus gw "Ck Ck" sendiri karena gw gak denger. Dan disaat gw gak denger, baru dibelakang gw pada nyalain flash HP sambil teriak sambil : GAK KEDENGERAN WOI! dan dilanjutin dari seberang sudut gw juga teriakin yang sama: GAK JELAS SUARANYA! Disitu gw merasa: oh ternyata gw gak sendirian gaess! *terharu

20.34

Marshel yang dipotong standupnya sama kegaduhan orang-orang yang teriak gak kedengeran mencoba meresponi dengan lawak, tapi mau gak mau akhirnya Marshel cut set listnya dengan langsung tutup materinya, jujur gw kecewa dan gw yakin Marshel juga, lah wong udah persiapin materi di depan 7.500 orang terus gak ke deliver semuanya karena masalah teknis.

Sambil panitia keluarin pengumuman semacam: show ditunda sebentar karena memperbaiki kualitas suara. gw bisik ke Feby: wah chaos nih panitia di dalem.

Sebagai orang yang udah ikutin Pandji dari lama, gw cukup tau karakternya Pandji ini. Komedian itu cenderung pinter, makanya dia bisa ngelucu. Susah kali bikin orang ketawa. Karena Pandji pinter, Pandji pasti mau yang terbaik, dan kalo mau yang terbaik, pasti maunya yang bener, kalo maunya yang bener pasti tegas, dan tegas pasti cenderung galak. Kita selaku penikmat karya Pandji samasama tahu kalo Pandji itu galak bukan? haha

Konsep kenapa setiap show Stand Up Comedy selalu ada opener itu untuk cairin suasana terlebih dahulu. Ya ibarat lo dikasih appetizer dulu sebelum lo dikasih main course. Tujuannya memang bikin penonton dapet mood ketawa didepan, supaya pas pemeran utamanya muncul lo udah kebangun dengan sempurna situasi lucunya.

Gw bilang ke Feby: duh ini kenapa gw yang jadi takut yak. Karena emang tegang ih! Bayangin ini acara orang-orang udah tunggu 2 tahun lho, ada yang nahan tiketnya gak refund-refund, kapasitas bangku full, ekspektasi orang-orang udah tinggi banget, terus kejadian hal yang gak keduga yang berhubungan sama telinga orang untuk denger nyawa dari joke-joke yang ditunggu malah keganggu. Hih gw yang takut beneran!

20.47

Pandji masuk, gw degdegan, penasaran gimana dia ngeresponinnya. Pandi buka dengan ucapan salam selamat malam, suara masih pecah buat telinga gw. Orang-orang pada teriak di belakang gw: MASIH GAK KEDENGERAN WOI! Sambil nyalain flash HP, Pandji kasih perhatian mukanya ke arah kawasan tempat gw duduk, sambil bilang: "itu kayaknya pada preman-preman semua yang duduk disitu" orang-orang ketawa, gw gak ketawa, gw takut. hahahaha. Terus dilanjutin teriakan sama orang tiket Diamond & Platinum: LAMPUNYA SILAU! wah runyam banget dah kata gw.

Terus Pandji lanjut ngomong kurang lebih gini: "sambil gw dan tim gw mencoba untuk memperbaiki situasi sound, gw mencoba untuk tahan set list gw dulu ya, tapi untuk lampu kayaknya agak susah gaes, soalnya ntar gw jadi gelap setiap mutermuter"

Tetep orang-orang teriak di belakang gw: GAK JELAS SUARANYA!!!

Gw merasa Pandji kayak tahan emosinya sambil bilang: "eh, lo percaya sama gw kan?" orangorang bales: "ENGGAK!" terus diketawain sama Pandjinya, asli itu gw tegang. hahaha

21.05

Pandji mencoba Crowdwork dengan skill yang gw anggep dari dulu Pandji jago, yaitu: Riffing. Riffing adalah seni yang dibikin secara spontan dengan memanfaatkan interaksi dan jawaban dari penonton yang ditanya diatas panggung secara langsung. Asli gw paling suka kalo Pandji riffing, ketawa-ketawa gw sama Feby, dan tanpa gw sadari ternyata sound system sudah mulai ada perbaikan, suara semakin jelas buat gw. 

21.37

Gw gak tau udah ada setengah jam-an lebih, Pandji masih keasikan riffing penonton, pikiran gw antara masih ngulur2in waktu sampe persoalan teknis bener-bener beres, ato emang udah keterusan nih. Jujur gw udah mulai cape, ketawa gw untuk ngetawain penonton yang Pandji coba untuk bikin tersinggung terkesan udah agak tawar rasanya. 

Seolah-olah gw ngerti Pandji berusaha untuk melakukan Crowd Handling dari issue sound system yang terjadi pake teknik Riffing, sambil mau mengantarkan bridging ke set list materi soal ketersinggungan yang dia udah buat. But buat gw pribadi, manajemen mengendalikan penonton ini over durasi. Ada yang setuju gak sama gw? kalo lo ada pendapat lain boleh lho tulis di kolom komentar. hehe

21.49

Pandji mulai masuk set list materi, gw mulai menikmati acara lagi. Dan tiba-tiba muncul di HP gw Whatsapp Notifikasi:

"Budget Meeting Senin, tgl 5 Desember maju jam 9.30" 

yang tadinya jam 14.00, tiba-tiba dimajuin pagi. Gw kaget. Sempet gak fokus 2-3 menit. Bingung. Panik. Campur aduk deh asli perasaan newcomer yang join di kantor baru.

Tapi gw berusaha tetap alihkan perhatian gw lagi, dan back on track supaya gw bisa fokus sama komedi tunggal di depan mata gw.

22.25

Gw masih ketawa-ketawa asem, Feby mulai udah diem. Terlihat agak gak nyaman, terus bisik ke gw: ini selesainya jam 23.00 kan ya? Terus gw bilang: harusnya iya. Kenapa Feby tanya itu ke gw? Karena dari jam 18.00 sampe 22.00 total 4 Jam Feby gak pumping ASInya. Sebagai perempuan yang pernah atau sedang menyusui baca tulisan gw ini harusnya tau rasanya seperti apa kalo ASI lo gak lo keluarin.

Terus Feby bilang: kalo mobil ada parkir di Senayan sini aku pumping di mobil dulu, dan dengan pintarnya gw parkir mobil di hotel Grand Sahid yang jaraknya 2 Stasiun MRT dari Istora demi menghindari kemacetan di kawasan Senayan.

Tapi Feby lanjut ngomong: kita tunggu sampai jam 23.00 aja gapapa, sambil tahan sakit. Gw linglung bingung kayak orang bego. haha. Satu sisi gw pengen lanjutin, sisi lain kasian bini gw, sisi satu lagi, besok pagi lo Budget Meeting bes. Asli jadi kayak orang tolol beneran. hahaha

22.50

Ada tanda-tanda gw kira Pandji udah mau closing, ternyata masih dilanjutin soal argumentasinya tentang ketersinggungan....

22.55

Pandji lanjutin lagi argumennya Sindrom Orang Baik pake analogi kita yang suka menghindar kalo ada orang relawan UNICEF yang nawarin sesuatu ke kita, lalu la la la la gw udah mulai gak begitu fokus.

23.00

Tepat jam 11 Malam gw dan Feby keluar dari pertunjukkan yang masih berlangsung. Feby udah kesakitan karena gak dikeluarin ASInya, gw pun juga udah gak begitu fokus. Sedih gak sampai finish, tapi gak kecewa. Kita pikir kita melakukan hal yang tepat. Tanpa mau menyalah-nyalahkan siapa-siapa, it is what it is. Paling gw nanti mencoba untuk beli Digital Downloadnya kalo udah rilis di comika.id supaya bisa liat sisanya dan the infamous epilogue Pandji yang selalu berkesan buat gw.

That Was It

Sepanjang ini gw cerita, ternyata kalo dipikir-pikir ya memang terkadang series of events yang terjadi di kita bahkan kita sendiri memang bisa jadi Komoidoumenoi alias Objek Tertawaan.

For that particular moment kalo dipikir-pikir memang seolah-olah Tragedi: Sound System ancur, Lampu chaos, Meeting kantor gw tiba-tiba dimajuin last minute, Pompa ASI, dan segala macemnya

Tapi di masa depan kalo kita noleh kebelakang untuk inget-inget lagi kejadian itu ya jadi Komedi. Makanya gw mencoba meng-abadikan moment itu lewat tulisan yang gw post disini.

Today is Tragedy, Tomorrow is Comedy

Satu hal yang gw suka dari opini Pandji soal ketersinggungan adalah:

"Tersinggung itu Refleks, lo tahan aja, gak usah lo umbar-umbar, ibarat kayak kebelet kencing, diem aja, karena Comedian gak ada niatan untuk menyinggung orang, niatannya ya untuk melucu, bikin orang ketawa. Kalo lo tersinggung, itu refleks lo"

Gw pernah denger Pandji di luar show ini pernah bilang:

"Masa lo bisa ketawa ketika ada komedian menyinggung kaum di luar lo, terus pas kaum lo disinggung lo nya jadi marah. Itu mah arogan namanya"

Gw suka banget argumennya, dan Pandji bener-bener memaparkan keresahannya dia abis-abisan di show ini. Gila sih, berani banget soalnya buat gw kayak bukan menyerempet soal agama, tapi udah sampe ke nabrak2in! haha. Tanpa mau spoiler-in, kalo nanti ada Digital Downloadnya lo beli aja deh terus lo tonton, tapi kalo lo tersinggung lo tahan aja ya, gak usah lo umbar biar viral, tahan aja kayak lo kebelet kencing. haha.

My Score

Gak bisa gw kasih, lah wong gw belom selesai nontonnya, ntar gw lanjutin di Digital Downloadnya aja baru gw kasih skornya. Itupun juga kalo dirilis sama Pandji :p



Sesuai dengan kata-kata Pandji di epilogue yang gw liat di Twitter dan potongan di Instagram (karena gw udah keburu pulang duluan), gw mencoba mendokumentasikan hari itu supaya nyambung sama lagu Project Pop "Ingatlah Hari Ini" hehe, I'm gonna remember that day :)



Oh terus soal Budget Meeting hari Senin tanggal 5 Desembernya? Puji Tuhan lancar gaes! haha
I'm gonna put this picture right here, therefor I also can remember it:D

muka senyum lega



Komentar

Postingan Populer