STAND UP COMEDY REVIEW - 5 PRAGIWAKSONO WORLD TOUR (2019)

TAK KENAL MAKA TAK PAN(D)JI

Ini apaan nih?

Okeoke santai, kali ini gw coba mau share yang agak lain nih. Bukan film, bukan series tapi Stand Up Comedy yang gw tonton di tanggal 26 Januari 2019 kemaren. Rasanya gak mungkin kalo lo gak tau StandUp di jaman sekarang. Pun kalo emang lo gak tau, beneran kurang hiburan hidup lo. Anyway, ini tuh semacem acara Komedi Tunggal Spesial kelima yang udah dibawain sama Pandji Pragiwaksono. Wait! what? Kelima? yes kelima setelah:
  1. Bhinneka Tunggal Tawa (2011)
  2. Merdeka Dalam Bercanda (2012)
  3. Mesakke Bangsaku (2013)
  4. Juru Bicara (2017)
FYI, Spesial keempat yang judulnya Juru Bicara itu bisa dibilang si Pandji dapet achievement of the first Stand Up Comedian from Indonesia yang tour ke 24 Kota di lima benua. Goks! *Kesel gw gak sempet dapet ini tiket buat nonton live di Kokas waktu itu.

Dan Spesial kelima ini, dibangun dengan teknik marketing gimmick yang ciamik buat gw. Ya lo bayangin aja, ini Pandji sempet bikin heboh (banget) khalayak masyarakat waktu pernah jadi literally Juru Bicara salah satu Calon Gubernur DKI Jakarta yang sekarang udah menjabat Gubernur Bpk. Anies Baswedan di tahun 2017 kemaren. Nah wawasan politiknya tuh emang oke punya waktu jadi tim Jubir di Pilkada rasa Pilpres 2 tahun yang lalu, terus gak ada angin gak ada ujan, dapet berita di awal tahun 2018 kayak beginian coba:

kurang minta diomongin apa ini orang?

Gw pun sempet kaget awalnya, banyak media kepancing buat bahas beginian dengan Headline: Pandji Nyaleg? Partai apa? Gitu. Tapi kok lama-kelamaan gw pun punya feeling yang sama kayak Netizen di kolom komentar: ini kayaknya akal-akalan pemasarannya si kampret deh. Dan benar! Gak begitu lama kemudian kita dapet lagi kabar dari si Pandji sendiri kayak begini:
tadaa!
Well played om! Well played!

Pandji tuh siapa sih?

Daripada gw ceritain StandUp nya kayak gimana ceritanya (kan susah yak), mending gw share dulu kali ya ini orang siapa. Eh tapi kalo lo udah kenal sama ini orang, langsung lewatin aja ini tulisan, lanjut ke My Response dibawah. hehe.

Pandji Pragiwaksono tuh yang gw tau pertama kali banget ya dari acara yang tak lain tak bukan judulnya Kena Deh. Sebenernya Pandji ini pertama kiprah di industri hiburan tuh jadi penyiar Radio  (gw tau dari StandUp Special yang kelima ini) di HardRock FM Bandung, berhubung gw dari orok udah hidup di Bekasi, jadi gw gak pernah denger radio di Ibu Kota Jawa Barat itu, so gw gak tau awal mula banget perjalanan hidup ini orang. Yak! balik lagi, buat lo yang belom tau Kena Deh itu semacem acara kuis di TV 7 (sekarang jadi Trans 7) yang ditujuin ke orang random. Terus tuh orang random diajak ngobrol sambil ditanya-tanyain sama Pandji.

Source: IDN Times
harusnya tulisannya "Guys" gak sih? 
Biasanya ada 5 Pertanyaan yang diselipin dalam satu obrolan. Setiap bisa jawab 1 pertanyaan (kalo gak salah inget gw) dapet Rp 100,000, kalo bisa jawab sapu bersih semua jadi Rp 500,000 ditambah bonus Rp 500,000 lagi, total Rp 1,000,000. Terus kalo udah selesai ujungnya Pandji selalu ngomong gini: "mas, sebenernya mas tuh ikutan kuis, tapi mas nya gak sadar, disitu ada kamera, di sebelah sana ada kamera juga tuh mas. Karena mas bisa jawab 5 pertanyaan saya, ini duit hadiah buat mas, terima aja mas, karena mas udah kena di KENA DEH!" Lol, kurang lebih gitu lah, gw masih hapal dikit-dikit, karena gw suka banget nonton tuh acara. Gw suka dari konsep, reaksi jujur planga-plongonya si peserta kuis yang gak nyadar, dan gw suka sama improvisasinya si Pandji itu sendiri.

Next, setelah Kena Deh, yang gw inget sosok Pandji ini muncul lagi Hype nya dengan lagu rap bergagasan semangat lawan terorisme yang punya judul: Kami Tidak Takut.
#indONEsia
Ini gw baru denger rame nih lagu pas moment bom di Hotel JW Marriott & Ritz Carlton Jakarta tahun 2009 lalu. Dan gw baru sadar ternyata ini orang Rapper, lagunya sih lumayan enak-enak, yang gw suka sebut aja kayak: Menoleh, Lagu Melayu, sama yang paling baru nih Makan-Makan. 


buku kesukaan gw yang ini sih
Selain rap, ada lagi ini Pandji ternyata penulis Buku juga, buku yang gw beli dan gw baca nih sebut aja: Nasional.Is.Me, Bhinneka Tunggal Tawa, Berani Mengubah, Juru Bicara, dan terakhir yang gw beli Persisten (udah itu aja koleksi gw, gak lengkap sih, yaudahlahya).

Bukan cuma karang buku, Pandji bareng-bareng Raditya "Kambing Jantan Dika, JFlow (right here! break it down, Vidi Come On!), sama Ronal Surapradja (si penyiar radio favorit gw tiap pagi dari gw SMA sampe sekarang gw udah jadi bapak2 satu anak ini orang, RoWan/RoTi 101 JakFm is in da houseee men!! Sori Melissa Karim, gw cuma demen Ronal sama Iwan/Tike. lol) pernah bikin acara Politik kesukaan gw banget di Metro TV dulu judulnya Provocative Proactive. Itu sih beneran acara terlalu frontal, which is very good, tapi karena media TV banyak kepentingannya ya babay dah tuh. Memang bener kata si Andovi Da Lopez: Youtube lebih dari TV *BOOM! :") sigh....


Penyiar Radio, Pembawa acara kuis, Rapper, Writer, Presenter itulah kira-kira summary tentang kisah ini orang mula-mula. Jadi lo udah tau minimal siapa yang mau gw omongin dengan penjabaran yang agak panjang diatas. Kayak kata pepatah kan, Tak Kenal maka Tata Young *jayus


My Response

Woke! Ngomongin balik lagi ke StandUp. Memang gw akui, dari banyak komedian tunggal yang ada di Indonesia, si Pandji ini satu-satunya komedian yang dari dulu gw mau berkorban untuk nikmatin karya ngelucunya dengan ngeluarin uang alias bayar. Iya bayar, bukan via Youtube, tapi beli Digital Downloadnya di website dia yang beneran gampang banget buat diinget namanya itu WSYDNshop.com (you know it's a sarcastic, right? Thank God it'll be change to Comica.id sebuah "Marketplace" buat Stand Up Comedy, bisa aja lo bang otak bisnisnya. #sotoy. haha)

Kenapa gw mau bayar? Karena gw dapet "something". "Sesuatu" kayak apa yang gw dapet? Yes! Sesuatu yang punya Makna dan Nilai yang dikemas dalam tawa. Itu khas Pandji banget dari setiap Stand Up Comedy Special nya yang udah gw ikutin dan gw tonton lima-limanya.

bukti gw sama bini gw nonton live dengan kartu yang gw dapet karena beli di periode Wongsoyudan, gw dapet tiket di Bronze, padahal gw incer nya Gold. Gold ludes, Silver ludes, jadi dapet Bronze, thank you server website! :)
Nah! Pragiwaksono World Tour 5 ini buat gw pribadi bagaikan makan di KFC dengan paket 1 Ayam 2 Nasi. Bukan 2 Ayam lho, tapi 2 Nasi. Ya lo tetep kenyang, tapi kalo ibarat Ayam di KFC itu yang punya Makna & Nilai, dan nasi itu ibarat Ketawanya lo, ya jadi gitu, banyak ketawanya dibanding Valuesnya.

Apa sih tuh Value maksud lo bes? Gini, gw merindukan ada "insight"  baru yang gw dapet di tour-tour sebelumnya contoh kayak Mesakke Bangsaku gini: 
"Laki - laki butuh Pengakuan, Perempuan butuh Perhatian, kasih dia lebih yang pasangannya dia kasih, dia jadi milik lo"

atau kayak di Juru Bicara yang menurut gw ini beneran StandUp yang sangat berisi dan berbobot banget, salah satu Top Performance nya Pandji sih ini ditengah orang ini jadi Public Enemy gara-gara Pilkada 2017. Lol! Nih dia ada bilang gini yang sangat amat membekas di kepala gw:
"Sedikit lebih beda, lebih baik! Daripada sedikit lebih baik" 

Nah di Special kelima ini? Gak ada wawasan baru yang membekas di kepala gw, selain cuma ketawa. Gw tau tema Special ini lebih ke Personalnya Pandji (dia udah declare waktu dia iklanin tur nya dia yang ini). Ada beberapa buat gw bit-bitnya udah pernah gw tau sebelumnya, sebut aja salah satu waktu Pandji mau masuk ke SMA Gonzaga yang dibantu sama alm. papanya, gw udah pernah baca di buku Nasional.Is.Me cerita itu. Jadi kayak semacem elemen "Tell Me Something that I Don't Know" nya bukan gak ada, tapi dikit dan gak begitu berkesan.

Cuman pada akhirnya, tanpa perlu Pandji kasih insight secara tersurat, disini gw bisa ambil makna secara tersirat dari apa yang bisa gw dapet dari tur kelima ini. Tak lain tak bukan: 
Do What Do You Best!
part.ini.kelar

Kenapa? Yang kayak tadi gw udah bilang sebelumnya, Pandji ini ya talentanya jadi Entertainer, bukan rap, bukan penulis buku, bahkan bukan Aktor atau Sutradara (gw udah nonton filmnya yang judulnya Partikelir, judul film sama ceritanya punya kesamaan, samasama gak jelas njir).

Kayak yang Pandji bilang di shownya, dia bisa dikatain laki-laki ular, pengkhianat, dibenci karena berbeda pandangan di politik, tapi tetep kalo di komunitas StandUp Indo Pandji itu bagai Cesar di Dawn of the Planet of the Apes (gw ketawa dan setuju dengan part ini).

My Score?

4/5
Kalo dibilang Pecah (sebuah istilah kalau comedian nya berhasil membuat semua orang tertawa dengan kasih pertunjukkan yang bagus) gw sepakat untuk bilang standup special Pandji ini pecah.

Tapi kalau bilang soal "isi", gw mesti bilang kalau Stand Up Special Pandji yang Juru Bicara masih jadi juaranya.

gw ada di sebelah kiri atas *bhay







Nih gw kasih tunjuk video buat lo yang mungkin belom liat salah satu Performance Pandji juga kawan-kawan lain (sebut aja: Ernest Prakasa, Raditya Dika, Ryan Ardiandhy, dll) yang bisa dibilang Founding Fathers of Stand Up Comedy Indonesia di Comedy Cafe Kemang tahun 2011 silam. Dari sinilah cikal bakal meledaknya StandUp di Indonesia sampai detik ini


Part 2 & Part 3 liat selanjutnya sendiri di Youtube lah ya

Komentar

Postingan Populer