MOVIE REVIEW - KELUARGA CEMARA (2019)


HARTA YANG PALING BERHARGA ADALAH SPONSOR UTAMA......

Film apa nih?

Kiri - Kanan: Ara, Abah, Agil, Emak, Euis
Buat lo para millennials (kayak gw. #ngarep) mungkin gak tau, tapi di tahun 90an sampe 2000an awal kemaren sebelum ada youtube, ada semacem sinetron keluarga yang nge-hits banget di TV, ya judulnya Keluarganya si Cemara. Gw bingung sih sebenernya kenapa judulnya dipake di nama anaknya si abah yang kedua ya? bukan Keluarga Euis? ato Keluarga Agil gitu? Tapi ya suka-sukanya si Arswendo Atmiwiloto lah ya yang karang cerita ini dari buku awalnya.

Ceritanya kayak gimana?

ya ceritanya simple, jadi ada keluarga nih, dari segi finansial udah mapan, hidup udah bahagia, eh tiba-tiba ketipu orang  = jadi kismin mendadak. Terus? Yaudah drama lah dimulai gimana tuh keluarga ngadepin masalahnya. Udah gitu doang ceritanya. Seriusan.

My Response?

Gw gak tau apakah ini keceplosan ato gak sama perfilman Indonesia, cuman emang lagi hobi aja sih nih orang-orang nge-reboot film atau serial-serial lama di Tanah Air. Sebut aja Benyamin Biang Kerok (yang katanya ancur banget dari segi pendapatannya), Suzannna (yang katanya Luna Mayanya bagus aktingya), Wiro Sableng (yang gak tertarik nonton gw nya). Mungkin alasan klasiknya ya pengen ambil pasar dari penonton jaman now. pffttt. 

Gw pun sebenarnya gak tertarik awalnya nonton ini film, ya alasannya karena Casting nya. Pas gw tau dari awal kalo yang jadi Abah itu si Ringgo, beuh! udah males banget gw beneran. Tapi ya karena penasaran, gegara banyak orang bilang ini film bagusnya pake banget, ya okelah gw pengen liat.

euis, gimana akting abah? kurang kan?

Nah pas gw tonton....... Geleng-geleng gak terima kepala gw sepanjang pertengahan film sampe abis. Oke let's break it down! Gw kutip dari salah satu orang Stand Up Comedian yang juga udah suka bikin film si Ernest Prakasa pernah bilang gini: "Dosa terbesar seorang komedian waktu pengen ngelucu adalah saat dia berusaha tampil untuk lucu". Korelasinya apaan nih sama ini film? Ya boleh lah ya gw sama-samain analoginya. Kalo Ernest bilang salah besar kalo lo mau ngelucu tapi trying to be funny, gw bisa bilang ini film Drama (yang katanya sedih) tapi berusaha banget bikin penontonnya Nangis. Ya mungkin lo mewek banget kali ya nonton ini film, tapi gw sebagai bapak anak 1 yang juga punya perasaan ini sama sekali gak kesentuh euy.

teh euis, opak nya bisa di Go Food aja gak?
Dan beneran terbukti, gw betul-betul tidak nyaman dengan aktingnya Ringgo (sorry bro, you need to try harder). Karakter abah yang gw tau itu menyenangkan, tegas, bijaksana dan sangat membekas waktu di peranin sama Adi Kurdi dulu hancur seketika cuy. Nirina Zubir jadi emak juga mediocre. Justru yang mencuri perhatian banget ya si Euisnya Zara Adhisty (personil JKT48) sama Aranya Widuri Sasono (anaknya si Dwi Sasono - Widi AB3) aktingnya sih convincing sekali. Si sutradara Yandy Laurens udah oke juga dari gaya directing nya, gw suka penuturan ceritanya, mirip-mirip model Web Seriesnya dia juga yang judulnya Sore (Web Series bagus tuh!)

sesuai aplikasi ya (?)
Satu lagi yang gw keganggu, yes! Product Placement! Asli deh dari tengah film sampe abis ini gw berasa nonton iklan Go-Jek. Heh? Kok Gojek bes? Jadi gini, biar dibilang relate karena kalo narik becak di tahun 2019 ini udah gak relevan, makanya sekarang abahnya jadi tukang ojek online. Sah - sah aja sih mungkin itu sponsor utama, cuma kalo kebanyakan eneg juga kali.

My Rating?

2/5

Udah dikemas bagus sama si sutradara, udah cakep diperanin sama anak-anaknya tapi justru dirusak sama karakter abah - emaknya. Yaudahlahya mungkin gw emang agak beda dengan masyarakat Indonesia yang pada umumnya suka banget sama ini film, terbukti dari pencapaian dalam 10 hari ini film bisa tembus 1.000.000 penonton. Sekuel nya sih pasti dibikin, dengan tambahan drama dari karakter Agil yang baru lahir, tapi gw jujur sih gak bakal nonton Keluarga Cemara 2 di bioskop lagi.



Daripada gw kasih trailer, mending lo liat ini ajalah ya, ini Prekuelnya Keluarga Cemara nih, pas Abahnya masih caricari jodoh. lol


Please (don't) enjoy it

Komentar

Postingan Populer