MOVIE REVIEW - BLACK MIRROR: BANDERSNATCH (2018)


EVERYTHING IS UNDER CONTROL?
IS EVERYTHING UNDER CONTROL?

Film apa sih nih?

Yes! this is one of a Black Mirror Event! Please don't say that you don't know Black Mirror. PLEASE! kalo lo gak tau ini series, lo mesti nonton sekarang wey! cuma ada di Netflix doang tapi, gak ada di bioskop. 

Black Mirror itu apaan?

Fine! kalo lo gak tau Black Mirror, ini gw jelasin dikit. Ini tuh Anthology Series. iya, ini serial, serial itu ada episode - episodenya, tapi Antologi, which means ini kumpulan dari beberapa cerita yang berbeda-beda di setiap episodenya. Nah Black Mirror sekarang udah ada 4 Seasons dan ada 2 Special Episodes, Bandersnatch ini termasuk dari salah satu episode spesial yang terbarunya si Cermin Hitam ini.

Common questionnya kayak gini nih: "ah gw males mesti ikutin awal bes, takut gak ngerti gw kalo gw nonton ini episode langsung". Eits! don't worry be happy cuy! karena ini Antologi makanya cerita ini gak ada hubungannya sama sekali dengan episode pendahulunya. So masih bisa dinikmati, and I'm pretty sure, you will ENJOY it a LOT! I GUARANTEE! 


Ceritanya kayak gimana?

oke, garis besar dari episode yang bersetting di tahun 1984 ini tentang si Stefan Butler (diperanin sama si Fionn Whitehead, gw baru notice ini orang di filmnya Christopher Nolan yang judulnya Dunkirk) mau bikin video game yang terinspirasi dari Novel kesukaannya dia yang punya title Bandersnatch karya penulis kontroversial Jerome F. Davis, di perusahaan developer gim terkenal yang namanya Tuckersoft (pelesetannya Microsoft lah ya, obviously. lol). Stefan ditemenin sama Collin Ritman (Will Poulter, he's a jerk turn to be good guy in The Maze Runner series) si developer game yang udah tenar duluan bareng Mohan Thakur (Asim Chaudhry, gak tau gw dia sebelumnya main film apaan) yang berperan sebagai superior nya Stefan.

 Stefan, Collin, sama si Pak Bos Mohan Thakur

My Response?

INI FILM GILA! (sambil teriak. -lol), sakit sih asli filmnya. Premis ceritanya padahal yaudah gitu aja yang kayak gw bilang diatas, paling ditambah side story tentang latar belakangnya si tokoh Stefan sama Collin sedikit. Walaupun memang central character nya ya ada di Stefan. 
Tapi balik lagi kenapa gw bilang ini film GILA, karena ini  Interactive Movie. Apa tuh maksudnya? ini film jalan ceritanya ditentuin sama pilihan lo. 

Yes persis! Pasti lo bertanya - tanya gimana caranya? Emangnya Buku Goosebumps? Atau mungkin kalo di Video Game masih make sense, tapi ini film wey, bukan game kayak Telltale's The Walking Dead atau Until Dawn yang bisa lo pilih skenarionya apa terus endingnya nanti jadi kayak gimana. 
Telltale's The Walking Dead
Until Dawn











Nah ini lo alami pas lo nonton film! lo bayangin aja tuh perasaan lo gimana, yang biasanya lo cuma nonton atas "kendali" sutradara sama penulis film, sekarang lo yang pegang tuh remot kendali dengan pilihan yang dikasih sama creator series ini. 

everything is under control, right?

Gw gak bilang ini film interaktif pertama di dunia, karena setelah gw googling ternyata ada film paling pertama yang buat model kayak pilihan begini, judulnya Kinoautomat, film dari Kanada yang di produksi tahun 1967. Gw gak kebayang dah tuh teknisnya kayak gimana jaman itu, yaudahlahya back to Bandersnatch

Kinoautomat (1967) was the world's first interactive movie, sumber: Wikipedia (yaudahlahya)

Ketika lo nonton film Bandersnatch ini, pastikan remote atau komputer / laptop atau gadget lo yang lo pake buat nonton jangan jauh - jauh karena Options akan bertebaran dimana - mana setiap dialog karakter - karakternya. Yang membuat film ini sangat teramat menarik adalah konsekuensi dari aksi yang kita pilih sebagai penonton. 

sebelnya gak ada pilihan Koko Crunch


Dengan Multiple Ending yang kata Netflix Official Ending nya ada 5 (masih diperdebatkan sampai tulisan ini dibuat, lol) bikin film ini jadi menarik banget buat jadi bahan obrolan sama temen lo, atau pasangan lo, atau bahkan gebetan buat lo jomblojomblo! 

My Rating?

5 / 5

Charlie Brooker you never stop to amaze me! Thank you for your excellence work of story and your creativity! Bener - bener hadiah dalam perfilm-an:

- di tutup tahun 2018 (buat lo yang nonton pas rilis pertama di 28 Desember 2018 kemarin)
- di awal tahun 2019 (buat lo yang baru nonton di awal - awal Januari ini)

yang belom nonton? buruan nonton sekarang juga woy!

jadi lo mau nonton atau gak? choose!


nih gw kasih bocoran trailernya, kali - kali pengen liat kan:

you're welcome!

Komentar

Postingan Populer