MOVIE REVIEW - IP MAN 4: THE FINALE (2019)

MEMORABLE IP MAN, FORGETTABLE CHAPTER

Wing Chun, Ip Man!

Siapa yang gak tau ini orang yang sempet viral filmnya hampir lebih dari 1 dekade yang lalu? Yes, Ip Man pertama rilis tahun 2008, gw inget banget nonton film ini pas masih SMA, dan gw nontonnya di ruang audio visual sekolah pas mata pelajaran Bahasa Mandarin. Asli gw gak tau sama sekali ini film apa, terus pas kebeneran temen gw bawa DVD bajakannya *obvious lah ya. lol- bilang ke laoshi kita (artinya: guru) "laoshi, laoshi! ini ada film Cina nih, judulnya Ai Pi Man, belajar listening Mandarinnya pake film ini aja ya." Kita nanya-nanya dong, "hah? Ai Pi Man? film apaan nih? film superhero? Di tahun yang sama soalnya kita masih lagi kena heboh sama film pertama MCU yang tidak lain tidak bukan: Iron Man. Makanya agak heran denger Ai Pi Man, terus pas gw liat cover DVDnya gini:

Yap! kita yang gak tau apa-apa tentang ini film yang ternyata Ip Man bacanya, setelah kita liat embel-embel Marketingnya di cover depan DVDnya tertulis: The Celebrated Kung Fu Master of Bruce Lee, sontak temen gw langsung teriak: INI CERITA NYA GURUNYA BRUCE LEE! BAGUS DEH CERITANYA! Gitu kurang lebih background story yang gak begitu penting dari gw lah ya. hahaha

The Finale... katanya

Karena udah pake cap Finale, ya jadi ketauan jelas kalo ini seri Ip Man nya Donnie Yen yang terakhir. Karena ternyata di Tiongkok sana, latahan juga cuy kayak Indonesia, gegara Ip Man laku banget dari dalem negeri Tiongkok, Asia dan sekitarnya, bahkan sampe ke Amerika, jadi bikin industri film Tiongkok bikin Ip Man inilah, Ip Man itulah, banyak versinya sama beda - beda pemerannya, sumpah gak boong gw. lol. Bahkan gw jadi bingung, dan males buat nontonnya, Jadi ya gw cuma setia ikutin seri Ip Man - Donnie Yen deh.
ini orang gak ada obatnya sih

Speaking of Donnie Yen, ini orang sih buat gw pribadi ya dasar emang udah cocok banget mainin peran Ip Man yang si kalem sama si greget nyampur jadi satu. Irreplaceable sih kata gw. Ip Man ya Donnie Yen! Udah terlalu nempel deh kayak keterangan Whatsapp from Facebook gitu (udah gak relevan lagi soalnya kalo tulis: nempel kayak perangko. haha!)

Doors don't hit back, but Bruce Lee does!

Anything yang ku enjoy ketika nonton Ip Man 4 ini? Jawabannya BRUCE LEE FIGHT SCENE! WOHOOOO!! Ini semacem gw udah tunggu-tunggu kedatengan Bruce Lee dari Ip Man 2 coba. Dateng Ip Man 2 cuma jadi bocah anak kecil, pas Ip Man 3 gw udah yang kayak: nah ini nih! Pasti ada scene Bruce Lee yang lebih banyak nih. tetot! Ternyata cuma cameo bentar doang. Dan di ke 4? beuh!!! Puas pak! Suka banget gw liat si Danny Chan yang meranin Bruce, gak asing sih gw sama ini orang, gw juga udah notice kalo ini orang mirip banget sama Bruce Lee di Shaolin Soccer yang jadi Kiper. hehehe. Balik ke adegan gelut nya di Ip Man 4, gw tuh refleks cari remot dong pas nonton di bioskop semacem mau rewind pas adegan berantem pake Nunchaku nya. hahaha. Terpukau sangat deh gw. Bahkan kehadiran Bruce bikin karakter nya si Vanness Wu (iya si Vanness F4, gak salah kok lo) sama si Scott Adkins ya cuma pajangan aja udah, bakal lupa lo mereka main ini film pas udah abis filmnya.

Marshall Law wins! *salah orang ini bukan Tekken wey!

The rest? Chinese opera soap drama 

Worst part nya ini, di babak 2 film mulai deh kenal-kenalin karakter baru yang buat gw udah kayak kuah indomie sama air rebusannya ditaro semua di mangkok kecil = kebanyakan. Liat bakal calon konflik nya juga geleng-geleng kepala gw euy, yah bener tipikal sinetron banget penulisan ceritanya. Atau mungkin sebenarnya karena udah kebanyakan jilid kali ya Ip Man nya, jadi gw ngerasa ada formula yang sama, walaupun yang ke 4 ini terbilang ngada-ngadain banget ceritanya. Dan emosi yang mau dibangun di babak 3 filmnya jadi terkesan biasa aja karena gw mengingat tema yang udah disinggung di Ip Man 2 pas si Grandmaster vs si petinju Twister. Yes! It's all about Racism -jangan bilang gw spoiler, itu udah ditunjukkin di Trailer Ip Man 4 yee.

lo mamam noh kaki gw!

My Score?

6/10

Ip Man nya Donnie Yen + Bruce Lee nya Danny Chan yang selametin film ini sih buat gw. Drama konfliknya? Kualitas FTV. Kesampingkan perasaan lo buat nonton cerita dramanya, siapkan aja diri lo buat liat berantem-berantemnya. Ya kesannya jadi kayak lo ikutin film Taken nya Liam Neeson aja, lo akan ada perasaan gini: Taken berapa yang paling bagus? Gak mungkin lo bilang Taken 3, pasti lo bilang Taken yang pertama kan? Jawaban yang sama pasti kalo ditanyain dari Ip Man berapa yang paling lo suka? gak mungkin lo bilang Ip Man 4.

gw kelarinnya kayak gini aja ya bro felemnya... yg kanan sutradaranya Ip Man 1-4 si Yip Wai Shun *FYI

Sayang, cuma jadi penutup saga yang gak kuat dari kisah yang cuma numpang lewat.. Akhir kata gw cuma bisa bilang xiexie deh :")





Komentar

Postingan Populer