iseng...iseng...nonton Jiffest 2009

dibawah ini mungkin bukan full review tapi masih ada hubungannya sama film :)

Sabtu 12 Desember kemarin (bertepatan dengan hari terakhir Jiffest 2009), gw disuruh nganterin kakak gw ke senayan city (dia kerja part time di starbucks dari jam 9 pagi ampe jam 5 sore) kebetulan, karena ada 2 temen gw yang nginep jumat malemnya dirumah gw, makanya gw ajak tuh 2 orang ikut temenin gw anterin sang kakak.

Nahh pas dijalan, gw keinget, kali-kali aja masih ada Jiffest yang free screening

(alias gratis)
dan setelah nanya temen, memang ada... gw inget banget info filmnya gini
  • Swiss shorts :13.00
  • Here :12.30
  • Legend is Alive :16.30
setelah beberapa pertimbangan akhirnya gw dan teman2 memutuskan untuk menonton
===> Swiss shorts

pas ngambil tiket gratis nya di stand Jiffest, kebetulan disitu ada cameraman dari Metro TV (gw ngerasa lagi ngeliput berita tentang hari terakhir di Jiffest, dan gw kayaknya ke syut,

(makanya kalo misalkan orang dari Metro TV nya ga ngepotong adegan gw pas ngambil tiket gratisnya bisa2 aja gw masuk di TV 4,5 detik...lallalaalalalallalalala *www.ngarep.org)

lanjut, gw makan siang dulu, abis itu menuju ke Blitz nya, selagi jalan menuju ke Blitz, gw bertiga tertahan di acara yang pokoknya air mancur yang nari2 gitu dh yang setiap 1 jam sekali. (gw gak tau namanya apaan)

nahh tuh air mancur mulainya jam 1 sama kayak filmnya, karena temen gw pengen liat, yaudah gw tungguin, keasikan 5-7 menit berlalu, langsung ke Blitz lalu.... DOOORR! antrian mo masuk audi udah panjang amiirrrr!

*bayangkan Blitz GI audi 6, gw di posisi di depan audi 1 (utk audi yang berkapasitas 144 seats, itu gw udah bisa dikatakan calon2 nonton leher keatas --> duduk paling depan)

dan ternyata benar gw duduk di setelah bangku yang kedua dari depan.. (terima aja, gapapa yang penting gratis)

Swiss shorts dimulai...
* Penjelasan tentang Swiss shorts ---> Swiss shorts itu kumpulan film-film pendek dari negara Swiss, total film pendeknya itu ada 9 film (semuanya ga gw review, cuma film yang sangat berkenan aja paling2 :D)

==> film pertama dimulai dengan tanpa suara, hanya gambar....
==> suasana bioskop bener2 krik..krikk..krikk.. karena gak ada suara (kalo nonton di bekasi pasti berisik, orang2nya pasti ribut ato cari2 perhatian dengan cara gak jelas..ckckck..orang2 di Bekasi bertobat kalian)
==> akhirnya udah nyampe tengah2 diulang lagi dari awal dengan memakai suara (sebagian orang jengkel, gw? gw diem aja, gw megang prinsip --> gratisan gak boleh pake protes)

berikut lists film dari Swiss shorts (sumber booklet Jiffest 2009)
  1. Die Seilbahn (The Cable Car)
  2. Il neige a marrakech
  3. Signalis
  4. Le Creneau
  5. La Valise
  6. Gehrig Kommt!
  7. Tango Lola
  8. Retouches
  9. Auf der Strecke (On the line)
Singkat cerita 9 cerita di bioskop udah selesai, lalu cerita yang paling gw suka itu cuma 2 berjudul

1. Il neige a marrakech


==> cerita yang bersetting di daerah Maroko menceritakan tentang seorang anak yang sangat khawatir akan kesehatan bapaknya yang sudah paru baya berusia 80 tahun yang sangat ingin mengunjungi negara Swiss lalu ke pegunungan Alpen untuk bermain Ski, akhirnya sang anak demi membahagiakan bapaknya, dia sangat berusaha untuk meyakinkan bapaknya kalau dia ada di Swiss, padahal mereka cuma berada di Maroko yang didekor sedemikian rupa agar mirip dengan Swiss.

==> ini film full komedi, berhasil membuat gw tertawa kencang, banyak hal2 yang membuat perut tergelitik untuk tertawa dengan tingkah laku anak dan bapaknya.

2. Auf der Strecke (On the line)


==> Cerita mengenai seorang sekuriti keamanan pusat perbelanjaan, yang diam-diam sangat menyukai dan memperhatikan wanita cantik yang menjadi pegawai toko buku melalui layar monitor CCTV. Konflik terjadi ketika wanita tersebut diketahui oleh si petugas keamanan tengah berjalan naik di kereta api dengan seorang laki - laki lain.
**SPOILER ALERT --> ketika Laki2 lain tersebut ditinggal oleh wanitanya, petugas keamanan sangat senang, lalu kemudian laki2 lain tersebut diserang oleh berandalan remaja di dalam kereta yang akhirnya menewaskan dia. Ternyata eh ternyata laki2 lain yang menjadi saingan si petugas keamanan tersebut bukan pasangan sang wanita, melainkan adiknya.



==> Cerita yang sangat Emosional, dikemas sedemekian rapi oleh sutradara, bagaimana konflik batin diantara Petugas Sekuriti yang mendiamkan saingan si wanita yang ternyata adiknya sendiri dihajar habis2an oleh berandal dan dia cuma bisa menghindar tidak mau membantu, dan wanita itu yang sangat menyesal ketika meninggalkan adiknya sendirian di kereta karena kecewa dengan permintaan tolong dari adiknya.

==> tidak heran film ini masuk di dalam nominasi oscar tahun 2009 untuk kategori film pendek terbaik.


Sekian kisah pendek gw dari Jiffest hari terakhir..
walopun gw telat ikut Jiffest setidaknya :
  1. event jiffest yang kesebelas ini masih bisa gw rasain :)
  2. gw bisa ngabisin waktu
  3. kapan lagi nonton di Blitz GI --> weekend --> dan tidak lupa = FREEE..hehehe

have a nice day..
GBU

Komentar

dedaydedi mengatakan…
tahun depan harus lebih banyak dong bess,,,
gua aja tahun kemarin dapet satu film, tapi tahun ini 6 film!! hihihihihi
Yabes Alfrets Sumampouw mengatakan…
eh jangan salah ded..
gw nonton 9 film..
bukan 6 film..
lalalalalalala..

haha
Anonim mengatakan…
yahhhh gw ga jd ntn jiffest, seru yaa?
tau gitu gw ntn.. hiksss..
ully..

Postingan Populer