MOVIE REVIEW - SPIDER-MAN NO WAY HOME (2021)

ITSY BITSY SPIDER!

Tenang belom spoiler kok nih, nanti gw kasih tau kapan lo mesti berhenti baca untuk lo yang belom nonton.

Siapa yang gak overhype sama film superhero Marvel ini hah? siapaa??? haaahhh???! Sebelum gw lanjut ngocehin film ini, gw gak mau kasih komentar banyak tentang story, atau akting atau kualitas CGI or whatsoever itu lah. This is waaaay moooooreee to talk about!

Oke here goes, untuk kalian yang lahir di tahun 80an akhir atau 90an awal gw yakin akan sangat emosional sekali untuk nonton film Spider-Man No Way Home ini. SANGAT YAKIN! Ya mo gimana, coba deh lo pikirin perjalanan tumbuh kembang masa kecil kita disuguhin film superhero apa sih yang mindblowing? Batmannya Tim Burton / Joel Schumacher? I don't think so. Itu kayaknya film superhero buat konsumsi orang dewasa juga deh keknya.

Dan masa-masa itu bisa dibilang dark ages sih ya buat bikin film adaptasi dari komik. Kayak cuma DC dan Warner Bros aja perasaan yang berani dari dulu buat bikin film superheronya macem Superman nya Christopher Reeve sama Batmannya Michael Keaton, Val Kilmer, sama George Clooney (yang pake pentil itu lho kostumnya, lol)
 
ada aja kostum model begini. lol

THE JOURNEY

We're going backwards dulu ya, gw gemes bahas ini karena kayak pengen ceritain ke temen-temen generasi sekarang yang mungkin belum tau banyak soal perjalanan Superhero Movies. Tapi kalo gw ada yang kurang2 ato keliru boleh lho dikoreksi ato ditambahin di kolom komentar. hehe

Sandra Bullock is my 1st crush

So, tahun 90an itu agak sedikit tabu untuk bikin film superhero based on comic book kayaknya, justru tahun itu lagi gencer2nya film action dari kelas A sampe kelas B. Jadi kalo ditanya siapa jagoan favorit ke anak2 pada jaman itu mungkin bisa dijawab ya bapak Officer Jack Traven alias Keanu Reeves di felem Speed (1994) hehe. Atau ada di akhir 90an ya film Blade (1998) nya Wesley Snipes, jujur gw nonton Blade 1 sama Blade 2 di Layar Emas RCTI kalo gak salah, dan gw gak notice itu karakter komik Marvel saat itu. haha
 
tapi bukan Blade yang ini yg muncul di post credit scene nya Eternals. hehe
 
Sepengetahuan gw saat-saat itu Marvel sampe jual-jual karakter comic booknya buat dapet pemasukan ke beberapa studio film sebut aja:
  • Sony Pictures 
    • Spider-Man (2002)
      ini kayaknya keputusan terbaik Sony sih punya hak penuh sama karakter-karakter yang ada di comicnya Spider-Man. hehe

  • 20th Century Fox
    • Daredevil (2003)
      sebelum jadi Batman, Ben Affleck sempet jadi Matt Murdock lho. haha. OST lagu Bring Me To Life nya Evanescence masih nempel di kepala sampe sekarang euy.

    • Fantastic Four (2005)
      Chris Evans tuh bukan Captain America tapi ya Human Torch! Lagipula siapa yang gak naksir sama Jessica Alba saat itu hayo?

    • X-Men Series (2000)
      Hugh Jackman as a Wolverine siapa yang mau tandingin?

  • Universal Pictures
    • Hulk (2003)
      ini bukan Mark Ruffalo, bukan juga Edward Norton, tapi Eric Bana! haha, sayang ini agak aneh sih, soalnya kebanyakan drama euy, gak heran flop

  • Paramount Pictures
    • Iron Man (2008)
      ini yang akhirnya mengubah segalanya
Nah gitu tuh sepak terjang awal-awalnya, jangan lo pikir saat itu Disney udah beli ato kerjasama sama semua tuh studio, dulu masih masing-masing. Disney masih fokus sama kartun-kartun 2 Dimensi sebut aja Aladdin, Hercules, Mulan, Tarzan, dan temen2nya.

sempet jadi wallpaper CPU di Lab Komputer sekolah nih

Sampai akhirnya GONG! terpecahkan di tahun 2002 dong! Spider-Man besutan Sam Raimi (si sutradara spesialis film horror) mengguncang mitos bahwa film superhero dari komik itu bisa kok diadaptasiin ke film dengan gak norak. Jujur gw suka banget nonton film Batman & Spiderman kartun dulu di TV dan speaking about Spiderman gw masih inget dulu gw nonton di RCTI sampe ke lagu opening songnya yang diterjemahin ke bahasa Indonesia kayak: "melompat (lompat!) berayun (ayun!) Spiderman (Spiderman!)" gitu. hahaha

Pas gw tau ada Spiderman versi orang muncul di bioskop, taunya dari mana hayo? Ya gw tau dari sinefil yang gw percaya jaman dulu yaitu duo presenter pamungkas: Mayong Suryo Laksono dan Ira Wibowo di acara TV: Cinema Cinema tiap weekend cuyy. hahahahaha!  
 
kalo lo tau 2 orang ini, ya lo udah gak muda lagi

gw yang kayak OH MY GOD MAU NONTON! sayangnya saat itu gw gak bisa nonton premier hari pertama, lah wong masih kelas 6 SD, finansial belom bebas buat ke bioskop sendiri. Jadi akhirnya gw baru bisa nonton dirumah temen gw pas gw udah kelas 1 SMP dengan Kaset DVD, yes! film pertama yang gw nonton dalam format DVD adalah Spider-Man 1. Kata gw: keren amat yak pas setel kasetnya ada menu-menu Play, Scene Select, Special Features, dll. Norak haha!

Setelah gw kenal sama Tobey Maguire gw langsung yang kayak WAAAWW! THAT'S MY CHILDHOOD HERO! kalo Kirsten Dunst gw udah tau di film Bring It On (2000) sih, pas jaman-jamannya rental VCD di Video Ezy Galaxy, Bekasi. lol

Ternyata Spiderman 1 sukses BOOM! Akhirnya dilanjutin ke Spiderman 2 (2004) -> yup! this is one of my favorite Spiderman movie! Gw suka banget perpaduan personal problems Peter Parker sama Spiderman melebur rapih jadi 1 di sequel itu. Kemudian dilanjutin ke Spiderman 3 (2007) -> ini awal mulanya gw nonton Spiderman di hari pertama! haha. Dulu gw inget gw beli siang-siang pulang sekolah bela2in antri beli tiket di Metropolitan Mall Bekasi, terus udah pada penuh semua tempat duduknya, dan gw dapet show di jam paling terakhir dan duduk di row paling kanan dan paling depan! gokil sih itu, biar pas ending leher jadi sakit tapi bahagia banget gw bisa nonton itu hari pertama. hehehe

Setelah itu, informasi film gw mulai dapet bulanan dari majalah film Cinemags dan M2-Movie Monthly, gw baca-baca berita drama antara direksi Sony yang gak happy sama hasil Box Office Spiderman 3 yang gak mencapai target mereka, dan akhirnya memutuskan untuk stop produksi film Spiderman 4, jadi di reboot (terlalu cepat) dengan ganti aktor di The Amazing Spider-Man - TASM (2012). Yeah Andrew Garfield is coming in! 

Unpopular opinion, gw pribadi soal film Spidermannya Andrew Garfield itu gak jelek-jelek banget kok, gw sangat menikmati karakter Peter Parker yang ditampilin. Karena menurut gw Peter Parker & Spiderman tuh dari appearance dan postur badan ya kayak gitu penampilan sama kelakuannya kalo gw bandingin dari tokoh spiderman kartun yang gw tonton pas masih kecil. Jadi dari segi karakter gw suka, cuma memang kalo dari segi cerita tetot. haha. TASM 1 itu ceritanya seakan-akan masih repetitif banget sama Spiderman Tobey, nah TASM 2 (2014) definisi all over the place dari segi plot. huhuhuhu. Gak heran deh langsung di stop (lagi) disitu continuation about our friendly neigborhood Spiderman :(

Oke kita berhenti sampe situ dulu soal sepak terjang Manusia Laba-Laba. Karena Manusia Besi alias Iron Man-nya Robert Downey Jr. di tahun 2008 mengubah segalanya! I have to say Jon Favreau sebagai sutradara berhasil banget sih bangun hype kayak Sam Raimi lakukan di tahun 2002, dan the rest is history, you name it ada Thor (pernah gw tulis filmnya di Blog ini nih back to 2011. hehe), Captain America, Hulk, dkk sampai akhirnya The Avengers assemble di tahun 2012. That was spectacular, mindblowing, and ambitious project that ever had, yang akhirnya dibikinlah itu Marvel Cinematic Universe (MCU) sama Marvel yang udah di-acquire sama Disney. Ya lo bayangin, belom ada dalam sejarah perfilm-an ngegabungin multi superhero di dalam satu film, itu dreams come true men. Gila sih. 
sebelum Hawkeye dan Black Widow jadi famous. haha

Lanjut Iron Man dibikin sequel, terus Thor, Captain America juga, Avengers pun dibikin sequel keduanya lagi. Seolah-olah nasib Sony dengan Spidermannya bingung mau berkompetisi begimana di industri ini. Lalu yang tak disangka-sangka dan tak diduga-duga ada obrolan lah antara DisneyMarvel dengan Sony untuk mau masukin karakter Spiderman ke dalem jagaraya sinema Marvel. Wah pas gw ikutin berita itu gw gereget bangetbangetan sih! Kayak plis ayo dong plis! Spiderman join yuk plis! Fans hanya bisa berharap, ujung2nya keputusan di direksi bos2. This is pure business cuy. Dan kabar gembiranya kesepakatan terjadi then BOOM! Spiderman join di Captain America Civil War (2016) dengan aktor Tom Holland. Civil War was my ranking number 1 in All MCU movies back then, sebelum Avengers Endgame menyusul ya tentunya. hehe. But Tom Holland? pfftt I personally don't like Tom Holland's Spiderman, or should I say Spiderkid. Bocah soalnya, nyusahin, banyak bacot, ya tipikal anak-anak, tapi mungkin memang build up character personanya kayak gitu sih ya. Again it's just about preference, kayak lo lebih suka Ayam McD, tapi gw lebih suka Ayamnya KFC. Yaudah beda selera, gapapa. Santai. hehe.

HOME TRILOGY SPIDER-MAN


Akhirnya Spider-Man Tom Holland dibikin stand alone filmnya, dengan judul Spider-Man Homecoming (2017) gw inget banget ini nih, as usual film box office kalo di Indonesia tuh suka rilis 2 hari lebih cepet dibanding US sana, jadi film ini rilis di Indonesia itu tanggal 5 Juli 2017 (ya kayak No Way Home lah, di US rilis 17 Desember 2021, di Indonesia rilis tanggal 15 Desember 2021, tapi spoiler di twitter sama tiktok udah bertebaran dari tanggal 14 Desember, orang2 norak kampung emang. kesel) eniwey back to Homecoming. Gw kawin sama bini gw tanggal 1 Juli 2017 (#1717 #tanggalcantik #uhuy) gw abis acara, langsung takeoff honeymoon ke Singapur, di Singapur setiap sudut udah buanyaaak banget poster2 promosi Spider-Man gw yang kyk dohh gak sabar pengen nonton woyyy. Nah tanggal 5 Juli siang gw take off pulang, Landing Jakarta langsung ke bioskop gw sama bini gw buat nonton Homecoming demi premier hari pertama. haha.

One thing about Homecoming, yang mencuri perhatian gw adalah bukan Tom Holland (yang selalu kyk anak2 nyebelin) atau Robert Downey Jr. (yang udah jadi kyk father figure) tapi Michael Keaton nya sih! Gila, gw takut banget parah di scene yang ternyata cewe taksirannya si Peter Parker itu anaknya The Vulture. haha. Intimidatif banget aktingnya.
*tapi akhirnya buat gw kengerian villain The Vulture ini dikalahin sama karakter villain si Wenwu nya Tony Leung Chiu-Wai di film ShangChi: The Legend of Ten Rings (2021) sih. hehe

Spiderman berlanjut dari Homecoming ke Avengers Infinity War (2018) & Endgame (2019). Setelah Endgame, MCU Phase 3 ini ditutup sama Spider-Man Far From Home (2019). Gw suka Mysterio sih, tapi aduh gw gak suka sama dramanya Peter Parker sama MJ yang lagi field trip diluar negeri itu tuh :( Kayak drama FTV. Malesin. Terus gw kira dari pengalaman Peter Parker yang udah ketipu sama Mysterio gara-gara kenaif-annya ini bakal bisa jadi pelajaran penting gitu supaya tuh kalo jadi orang jangan bego-bego amat gitu. Eh tapi DIBIKIN LAGI DONG DI NO WAY HOME! *astaga, bener2 gak suka dari awal gw tuh sama Spidermannya Tom Holland duh!

MARI KITA BAHAS NO WAY HOME DISINI! IT'S GOING TO BE FULL SPOILERS. I suggest you to stop here sebelum lo nonton filmnya, and then let's discuss it together! hehe


MAKSUD GW YA MBO YA JANGAN NYUSAHIN, BODOH, SAMA POLOSPOLOS AMAT LAH PETER TOM HOLLAND PARKER! NIH GW TULISIN DOSA LO SATU-SATU YA! *ngetiksambilemosi loll
1. Yea I know you're screwed up, your identity is being revealed, terus kalo minta tolong sama penyihir buat bikin spell tuh clear dari awal, jangan minta revisi muluk! pengen tak HIHH!!!
2. You cannot change destiny, tuh villain2 emang ya bakal mati kenapa lo masih batu ngelawan Dr. Strange sikkk :(
3. Never trust a Goblin! especially if Willem Dafoe's Goblin! jadi mati kan tante May kesukaan gw! :"") 
don't! just don't Peter!

Jadi konflik ceritanya tuh terjadi karena bodohnya pengambilan keputusan Peter Parker disini. I'm not saying this is a bad story, tapi masa gak belajar dari kesalahan yang banyak dari pengalaman masa lalu. Again this is unpopular opinion, gw gak begitu suka MJ nya Zendaya sama Ned somehow dari awal (ampun jangan marahin gw. hehe) jadi dengan drama babak pertama soal MIT nya mereka, ato cinta2annya Peter sama MJ ya gw gak peduli2 amat, kecuali pas Matt Murdock Charlie Cox masuk di layar jadi lawyer nya Peter Parker dkk. Gw kayak: HAH? DAREDEVIL NETFLIX MASUK MCU??!! gw sontak reaktif kaget gitu ke bini gw, terus gw liat di dalem bioskop kayak gak banyak yg ngeh gitu. Sedih gw! Jadi I'm assuming gak banyak yang nonton series Daredevil di Netflix yang buaaguss banget di tahun 2015 lalu. Emang sih saat itu Netflix belum common sama orang-orang, jadi gw yang kayak yaudahlahya. Tapi asli deh lo beruntung kalo sempet kenal Daredevilnya Charlie Cox! Nah gw baru mulai enjoy di babak 2 dengan kedatengan Alfred Molina, Jamie Foxx, sama Willem Dafoe of course.

this Netflix Daredevil is underrated :(

Tapi gak berhenti semua disitu, sampe udah mau mulai masuk ke third act filmnya, asli sih sebelumnya momen paling haru gw di dalem bioskop itu pas film Avengers Endgame di scene "on your left captain" itu gw udah mangaap mulutnya, pas udah ngumpul satu-satu mata gw berkaca-kaca, pas Captain America ngomong: AVENGERS! ASSEMBLE! gw teriak sekenceng-kencengnya di bioskop cuy. Gw mikir scene bagus apalagi yang bisa surpassing this enjoyable moment di dalam perfilman? No Way Home ini jawabannya!

this scene is EPIC! until No Way Home. hehe

Gw udah cerita kan diatas panjang lebar perjalanan personal gw soal Spiderman. Sebetapa bersejarah dan berperan banget tumbuh kembang masa kecil gw sama tokoh ini. Gw tau rumor beritanya memang udah banyak yang bilang kayak "akan ada 3 Spiderman" semuanya masuk. Gw pikir too good to be true, somehow gw punya mindset yang sama kayak MJ Zendaya yang bilang: "Expect Dissapointment aja supaya lo gak dissapointed" Soalnya kita kayak udah banyak kecewa sama fan theory khususnya di series WandaVision (2021) udah pada teori2 kan Mephisto lah, Multiverse X Men lah, eh malah dapetnya Ralph Boner joke, wah kampret gw bilang.

Jadi waktu Andrew Garfield masuk di layar gw jerit dong! Mennn!! My favorite Peter Parker is in! Terus ditambah lagi Tobey Maguire yang dibilang is just a random guy sama Ned masuk, makin double teriakan gw! Sadis asli! BIG DREAMS COME TRUE! My childhood superhero dateng lagi di tahun 2021!!!!!! Astaga gak ada ekspresi lebih bahagia lagi gw setelah liat Tobey yang udah berumur, seakanakan gw lupa sama semua persoalan hidup saat itu. hahahaha. Gemuruh sorakan penonton di bioskop makin bikin tambah emosional situasinya. I mean ya this is Cinema is all about!!


3 Spider-Men > All Members The Avengers!

Puas gw sama babak 3 filmnya! Gak jadi pajangan, gak jadi cameo, semuanya berperan, I love all their scenes! Gw kalo ada kesempatan buat nonton di bioskop lagi kayak: paling gw masuk teater pas scene Andrew & Tobey dateng aja. I don't really care about 1st & 2nd act anymore. hahahaha

MORAL OF THE STORY


Mungkin kalo gw reflect dari dunia bisnis, yang dilakukan Disney-Marvel dan Sony ini sangat amat terpuji sih. hehe. Lupakan kompetisi, saatnya kolaborasi, in the end yang menang siapa? ya penonton yang bayar tiket yang menang. Walopun gw sempet tau yang dilakukan Sony lumayan ngeri sih dengan minta re-negosiasi soal sharing profit. hehe. Tapi yaudahlahya Disney! udah tajir banget kok lo. loll.

And so audiences wins! Kehadiran 3 Spider-Men itu buat gw bisa ngalahin sama kehadiran semua cast yang ada di The Avengers Endgame. Gila bener gila! Masih merinding gw kalo inget moment itu di bioskop. Stan Lee si creator will be proud kalo dia masih idup sih. Dengan Sony juga udah bikin Sony's Spiderman Universe (SSU) sebut aja Venom, Morbius yang tahun depan rilis, gw semakin optimis dan looking forward to sama apa yang bakal Sony lakuin untuk karakter Spider-Man selanjutnya. Apa mungkin Andrew Garfield bisa lanjut lagi? #ngarep atau Tobey jadi mentor buat Miles Morales? Kayak di kartunnya Spider-Man Into The Spider Verse (2018)? We'll never know. Kita tinggal tunggu aja tanggal mainnya :)

ini sequelnya gw tunggu banget sih tahun depan!

9.5 / 10


Kenapa gak perfect 10? Kayak yang gw bilang diatas, karena dari awal gw gak suka sama Spidermannya Tom Holland. hehe. For me:
BEST Peter Parker: Andrew Garfield
BEST Spiderman: Tobey Maguire

Period


GO GET 'EM TIGE! I MEAN SPIDER! WOHOOO!

Komentar

Postingan Populer