MOVIE REVIEW - YUNI (2021)



Perempuan tuh begini, Perempuan tuh begitu

Film ini terlalu sederhana dan terlalu afgan (terlalu sadis maksudnya, bye) disaat yang bersamaan untuk menyinggung persoalan Perempuan dan Patriarki, I mean ya this is the RIGHT WAY if you want to talk about WOMEN!

Jujur sesek banget dada gw liat film ini, karena deket dan relevan banget sama keadaan sekarang. Okeoke sebelum gw bahas lebih lanjut, coba lo sebagai penonton pake kacamata kalo lo di desa / kampung, jangan pake perspektif lo di kota yang udah cenderung lo-lo, gw-gw hidupnya antar sesama tetangga.

Ya masa lo gak punya kampung? orangtua lo asli Jakarta banget kah? coba deh lo renungin, bukannya mau streotype atau judgmental, tapi ya keadaan saat ini dimana lo udah pada bisa belanja online, semuanya serba teknologi canggih, bahkan orang di Amerika Serikat sana udah bisa bikin wisata luar angkasa, bukan luar negeri lagi lho, LUAR ANGKASA! dan bisa-bisanya kita disini masih punya stigma bahwa perempuan itu kodratnya ya cuma: SUMUR, DAPUR, KASUR. SINTING! betapa marahnya batin gw yaampun!


Film Yuni ini menceritakan ya tentang judul film itu sendiri, haha. Lucu ya kalo ada yang nanya: Nonton film apa? gw jawab: Yuni, ceritanya tentang apa tuh? ya gw jawab lagi: ya tentang Yuni! hehe. 

Mungkin buat yang belum nonton, bisa berhenti baca disini kali ya, karena gw mencoba jabarin filmnya dengan membuka esensi dari ceritanya, bisa jadi ada nyerempet-nyerempet ke spoiler. Udah gw bilang yaa

naik motor pake helm. detail yang bagus!

Oke, jadi Yuni tuh anak gadis SMA yang suka warna Ungu, suka musik, sama pinter deh di sekolah. Setting tempatnya pun gak dijelasin gamblang lokasinya dimana, tapi dengan eksposisi semacam: Kendaraan bermotor Plat A, banyak pabrik-pabrik industri, pantai pasir putih, terus pake bahasa daerah Jawa tapi campur-campur bukan mutlak Jawa Barat, Tengah, atau Timur, yes! Jawa Serang cuy. haha. Jadi gw menebak Yuni ini orang Banten sih ini, semacem anak Cilegon dan sekitarnya

Sehari-harinya Yuni ya kayak kita semasa SMA. main ngumpul sama temen-temen, ngerjain tugas sekolah, dan ini yang gak kalah penting, kalo kita ditanya kita mau ngapain dan mau jadi apa saat SMA itu, ya kita clueless lah mau jadi apaan, persis kayak Yuni. Ditambah lagi Yuni hidup dengan nilai "Pamali", mungkin kebingungan (atau kemalasan?) pendahulu kita kali ya untuk melarang sesuatu ke kita, dengan tidak menggunakan alasan yang logis. 

Misal: "sapu malemmalem" Pamali! nanti jadi ilang rejeki!

Logis: sapu malemmalem itu kan gelap, mungkin ini konteks buat orang jaman dulu yang listrik belom jadi hal yang lumrah kayak sekarang, nah barang-barang yang gak perlu kebuang karena gak begitu keliatan ya bisa keikut kesapu, jadi kebuang kan tuh misalkan anting atau cincin dan segala macemnya.

Terus ada lagi: "duduk di depan pintu" Pamali! nanti susah dapet jodoh!

Logis: pintu kan tempat orang lewat-lewat, ya lo kalo duduk disitu, lo ngerepotin orang. jatohnya lo nyusahin basically. Simple lho padahal :")

Anyway, Yuni tinggal bareng sama neneknya di desa, karena mamanya Yuni itu Asisten Rumah Tangga dan papanya itu Supir di kota. Kalau dari dialog Yuni setiap curhat ke mamanya lewat video call, Yuni maunya lanjutin pendidikan. Bahkan di sekolah pun Yuni giat buat dapetin beasiswa untuk kuliah dengan syarat: Ranking, nilai bagus akademis, dan tidak boleh menikah. 

Sayangnya mungkin mamanya Yuni gak relate sama visi nya Yuni. Karena mamanya Yuni dan temantemannya yang perempuan hidup waktu masa muda ya langsung kawin aja tanpa lanjutin sekolah. Seolah-olah dari generasi ke generasi itu terulang kebiasannya yang ironis nya dianggap jadi sebuah hal yang wajar dan tabiat perempuan ya begitu. Bayangin kalo kebiasaan dan stigma itu berubah jadi Budaya, mau mati gak rasanya? Beruntungnya sih mamanya Yuni cukup bijak untuk bilang: Kita orang tua ikutin aja maunya Yuni gimana. (hela napas) 

Community Matters

Jadi lingkungan / komunitas sekitar itu memang sangat mempengaruhi hidup Yuni, Seolah-olah perempuan itu (lagilagi) Pamali kalo nolak lamaran laki-laki, ngomongin soal lamaran ya coba kita bedah nih satu-satu:

1. Yuni dilamar (kali pertama) sama orang yang gak dikenal sama sekali.

Lakinya cuma modal: udah kerja, pernah jadi mandor di Semarang dan sekarang pindah kerja lokasi di Tangerang

-> konsep "tanpa pacaran langsung halal" ini nih yang gw gak bisa iyain. Gimana caranya lo mau hidup seumur hidup lo sama orang tapi lo gak tau ini orang sama sekali kayak apaan. How? Dengan lo udah punya pekerjaan dan bisa menafkahi terus lo PD gitu langsung ambil anak orang?

Somehow kejadian nomor 1 ini terlihat akibatnya jelas di temennya Yuni yang Preedom Abieezz, yes si Suci Cu-Te. Monolog Suci ke Yuni tentang masa lalunya yang dilamar langsung iya, kemudian lakinya dengan gampang main tangan (yaiyalah gampang mukul, wong dapetinnya gampang, tinggal minta lamar langsung jadi) terus Suci ngadu ke keluarga, tapi keluarga Suci sendiri anggep Suci nya lemah, berlebihan, gitu aja manja, dsb. Sampai akhirnya Suci dicerai-in sama lakinya.

jogetin aja shay

Tuh coba! Rossa gak tuh?? (tega maksudnya, bye) Laki-laki punya Hak untuk Minta Lamar Perempuan, tapi di satu sisi juga punya Hak yang sama untuk Minta Cerai ke Perempuan.

Tanpa perlu gw jelasin panjang lebar lagi, karena gw juga gak mau debatin panjang-panjang. I'm strongly against it. However let's agree to disagree then. 

*ngetik sambil nahan emosi

2. Yuni dilamar (kali kedua) sama laki-laki beristri.

Kalo ini modalnya: punya kolam renang dan duit 25juta. Bahkan kalo malam pertama Yuni masih perawan, langsung ditambah lagi cash keras = 25jt. Ini lebih lucu lagi. Tapi yasudahlahya kita sebagai penonton harusnya punya common sense yang sama. Tapi coba bayangin kalo lo orang tua hidup di desa, perlu uang untuk hidup, bisa jadi tanpa disadari anak kita sendiri bisa jadi alat tukar transaksi. Miris tapi nyata sekali 

*ngetik sambil berkacakaca

3. Yuni dilamar (kali ketiga) sama guru yang diidolain sama Yuni sendiri

Betul! Pak Damar. Sosok calon suami ideal, bayangin aja 

  • muka tampan
  • bokong ideal (menurut Yuni dan whatsapp grup teman2nya ya. haha) 
  • profesinya Guru (pasti pinter karena berpendidikan)
  • Berbakti sama orang tua. Ibunya dianterin dan ditemenin dong buat belanja di pasar cilegon
  • Idaman banget itu ciri-cirinya, tapi sampai akhirnya ketauan sama Yuni kalo pak Damar ini "feminim" alias ya Laki-laki yang gemulai alias keperempuan-perempuanan

*ngetik sambil mikir kasian amat yak ini Yuni

rasanya ML gimana ya? *keselek gw sama scene ini. haha

Konflik lamaran-lamaran yang dialami Yuni itu pun juga dibarengi dengan konflik sekitarannya di teman-teman dan tetangga rumahnya, kayak:

  • Tika yang masih seumuran Yuni, yang notabene masih umur main-main tapi udah punya bayi
  • Ada juga teman sekolah Yuni (lupa gw namanya) yang udah hamil akhirnya setres terus bundir :(
  • Maesaroh alias Sarah yang "dipaksa kawin" karena sanksi sosial desa, gegara ketauan pacaran berdua-duaan. Scene ini powerful banget sih, pendek tapi nonjok dengan berlatar suara "ini bukan keputusannya di aku lagi". (asli ancur hati gw tuh)
  • Ibu Kokom, penjaga warung yang bangga-banggain anaknya si Teteh Asih jadi TKW di Hongkong, tapi nyatanya seakan-akan ungkapan "dari Hongkong" itu jadi kenyataan, karena teh Asih ninju Yuni dengan statement: TKW sukses DARI HONGKONG?!" gitu. hehe
  • Ibu Lies, guru yang paling "waras" disekitar guru-guru yang enggak waras. Kenapa gw bisa bilang gitu? lah wong Ibu Lies kekeh buat maksimalin pendidikan untuk anak-anak bisa terusin kuliah, tapi lingkungan sekitarnya yang bilang: buat apa? toh anak-anak disini juga langsung pada nikah, sometimes susah emang jadi orang yang bener diantara sekeliling lingkungan yang salah. Jadi resign kan si ibu Liesnya. :"")
mikirin masa depan yang belom bisa dipikirin

Kenapa film ini jadi indah banget? karena isu sekitaran Yuni itu dekat sekali sama kehidupan kita sehari-hari. Mau lo hidup di kota atau di desa somehow experiencenya mirip-mirip deh. jadi gw salut banget sama Kamila Andini sebagai sutradara dan penulis kayaknya emang ditumpahin dari hati dia banget buat nyajiin film ini ke penonton

Arawinda Kirana (calon bintang masa depan nih!) juga sukses banget hidupin karakter Yuni dengan akting flawlessnya, macem gak akting lho, kayak orang banten asli. haha! face bunga desa yang lagi mekar2nya convincing banget. Asmara Abigail jadi Suci pun biar cuma supporting character tapi dapet banget.... kampungnya. LOL! alias totalitas banget aktingnya! keren deh! Kalo Kevin Ardilova sebagai Yoga sih ya boleh lah, mungkin Yuni memang seakan-akan tertunduk sama norma dan aturan disekitarnya, tapi kecuali sama Yoga yang culun. hehehe. Makanya adegan dewasa yang dimainin berdua itu gw bilang worth it! itu letak powerfulnya Yuni disitu. Tapi abis begituan Yoga langsung gentle mameen!! hahahaha. Emang tipikal laki ya. gw jadi keinget tokohnya DJ Qualls di film Road Trip (2000), si Kyle itu cupu minta ampun, sampe dikasih begituan sama cewe baru jadi LAKI PERKASA! hahaha!

9.5 / 10

Gw memang nonton film versi Teatrikal Bioskopnya, gw belom nonton versi Festivalnya. Kayak kata orang-orang katanya beda durasi sama endingnya. But gw bahas Teatrikal Bioskopnya aja ya. Jujur gw gak begitu sreg sama ending yang ambigu gitu. Jadi nya kan gw keluar bioskop dengan perasaan, hah kok gitu sih? (kayak om Wiwin di Tiktok. hehe) Seandainya bisa dibikin lebih gamblang dan nyata mungkin bisa gw lebih terima. Itu aja sih yang mengganjel di hati gw. Selebihnya gw suka bangetbanget! 

literally ekspresi gw pas liat endingnya :")

Honorable mention: gw suka banget scene percakapan Yuni dengan Papanya yang sambil gunting kuku malemalem (tanpa papanya hirauin tuh istilah pamali. hehe) bikin mata gw berkacakaca dengan suksesnya. Karena memang gw langsung bayangin gw sama anak gw yang perempuan di scene itu (bapakbapak mellow emang lu bes! haha)

Terakhir, gw sangat berharap film ini tuh banyak yang nonton lho. Tapi ya mau gimana, Spiderman No Way Home udah masuk di bioskop, pasti makin tenggelem film bagus banget ini :( Ya mudah-mudahan ini film bersinar di Oscar 2022 ya, jadi media banyak yang liput, terus muncul lagi di bioskop, terus banyak yang nonton, outputnya banyak masyarakat yang sadar! AMIN! 

film Indonesia bagus dan penting bangetbangetan!

Komentar

Postingan Populer