MOVIE REVIEW - KNIVES OUT (2019)

HARTA YANG PALING BERHARGA ADALAH (WARISAN) KELUARGA

Film apaan nih?

Ini film kalo disebut genre-nya mungkin genre-nya Drama-Murder-Mystery-DarkComedy gitu kali ya. Tapi istilah kerennya ini filmnya disebut: Whodunnit. Hah? apaan tuh? whodonat? okeoke santai bosque! Whodunnit itu semacem plesetannya dari who (has) done it? ato who did it? Semacem sebuah rangkaian potongan - potongan puzzle yang banyak terus disusun rapih gitu sama si pemeran utama alias Detektifnya untuk jadi sebuah lukisan gambar yang jelas. NAH! speaking of detective, yes! Ini film detektif-detektifan!

tidak semudah itu memecahkan kasus ini ferguso!
Kalo lo udah nonton film tahun 2017 lalu yang masih anget banget tuh untuk tema yang beginian yang judulnya Murder on the Orient Express si Hercules "kumis" Poirot atau kalo lo generasi 90an kayak gw lo pasti tau Detective Conan / Detective Kindaichi (I don't know, jujur gw lebih suka Kindaichi dibanding Conan, agak anti mainstream sih tapi yaudahlahya.....) kalo lo tau dan lo suka dari itu referensi-referensi yang gw sebut barusan, pasti lo akan menikmati banget sih nonton Knives Out. Sumpah!

Ceritanya kayak apa?

Jadi ada 1 keluarga gede gitu, marganya Thrombey, yang jadi center of these family characters tak lain tak bukan si opa Harlan Thrombey (diperanin sama Christoper Plummer, wah ini opaopa legend di dunia entertainment sih) yang tajirnya super mampus. si Harlan ini punya anak-anak sampe cucu yang bisa dibilang disfungsional dari segi keharmonisan satu sama lain sih. 

Family Portrait

Long story short ini opa mati gak tau dibunuh ato bunuh diri.. Whoops! Spoiler? Kagak lah, emang premis nya begono, kalo lo liat di trailer juga udah dikasih tau ini orang bakal mati. Nah dari situ baru si Detektif Benoit Blanc (Daniel "my favorite James Bond of all time" Craig) dateng buat investigasi ini kejadian. Kurang lebih gitu lah ceritanya cuy.


vodka martini, shaken not st.... eh salah felem gw

Menurut gw kayak gimana?

Lo tau film tipikal detektif-detektifan kan? Alurnya palingan kan kayak gini formulanya:
  • Perkenalan karakter
  • Kejadian pembunuhannya
  • Terus interogasi satu-satu tersangkanya, biasanya di part ini kita penonton mulai nebak-nebak nih ini pelakunya neh! si itu tuh mencurigakan sih, pasti dia deh motif nya kan dia kan.... mulai dah biasa penonton bisa jadi lebih jago daripada detektifnya
  • Pelan-pelan mulai kebaca big picturenya
  • Revealing Scene "OH TERNYATA SI INI momen gitu"
  • Ada pake aksi - aksi seru (kalo perlu)
  • Terus kesimpulan kemudian penutup deh.
woy stop titip motor harley sama sepeda brompton woy!
(waktu ini ditulis skandal CEO Garuda Indonesia selundup2 lagi rame)

Nah formulanya kalo cerita detektif misteri selalu begitu. Nah Knives Out gimana masih pake formula yang sama? KAGAK! DIOBRAKABRIK DAH TUH FORMULA SAMA INI FILM!
Gw pengen banget ungkap gimana penuturan si sutradara yang sekalian juga jadi penulis filmya si Rian Johnson (yes! ini orang yang bikin Looper - Joseph Gordon Levitt + Bruce Willis itu tuhh, salah satu film tema time travel yang paling gw suka, dan the controversial director of  Star Wars The Last Jedi kemaren). 

what is this? CSI: KFC?
*NGAKAK SIH GW SCENE INI*
Balik lagi dari segi pemaparan, buset deh ini film bener-bener yang kayak... di belom sampe tengah cerita lo tuh kayak udah bisa bilang: "Lah? udah ketauan dong ini kenapa matinya si opa! Ini filmnya mau dibawa gimana sik? heran dah!" DI SAAT ITU LO SALAH KAWAN! Ketika lo mulai berasa pintar, disitu lo dibuat semakin bodoh sama ini sutradara, hahahahaha asli kocak sih! Lo mesti nonton deh gw gak mau beberin detail plot nya disini.

Jajaran Cast nya sih juara banget gak perlu diraguin lagi, gak heran sih ya itu aktor - aktrisnya macem:
- Chris "Captain America" Evans (yup! I'm Team Capt! not Team Iron Man, dan di film ini dia dapet banget buat ilangin heroik capt America nya)
- Jamie Lee Curtis (gw suka banget dia di True Lies sih. LOL)
- Michael Shannon (duh gw suka banget sama ini orang yg suka jadi villain, yg nempel di kepala gw dia jadi General Zod di Man of Steel) 
- Don Johnson (gw tau ini om dari serial Miami Vice jadul, oiya ini bokapnya si Dakota Johnson lho yang main di trilogy nya si Christian "pakboy" Grey itu)
- Katherine Longford (lo udah pernah nonton serial Netflix judulnya 13 Reasons Why? kalo udah pasti lo tau cewe cakep ini)
- Ana de Armas (the next Bond Girl di No Time To Die taun depan cuyyy!)
- Lakeith Stanfield (ini si "L" Death Note yang live action itu lho! L Negrooooo tapi memorable sangat!)
- dan artis2 lainnyaaa,

yap! kusuka metafora scene ini, you will understand it until you see it.

itu semua pada mau main di film ini, semuanya tuh berperan, gak ada yang jadi pajangan, seriusan!
si Rian Johnson bisa banget kasih porsi yang pas tanpa mengurangi rasa hormat tuh jajaran ensemble cast. Lo bisa bingung, heran, ketawa, takut, semua emosi lo kecampur aduk nonton nih film. Gw nonton ini di Midnight Show, lo mesti tau ini film hampir 2 jam isinya ngobrol semua tapi gw terhanyut dari setiap conversationnya saking gw penasaran ini cerita mau dibawa kemana dan gimana akhirnya. 
gimana? udah dapet bolongan donatnya dimana kan?
Kalo boleh jujur gw sama film Murder on the Orient Express gw suka banget sama Revealing Scene nya (YAKALI MASA SEMUA SUSPECTNYA TERNYATA PEMBUNUHNYA, whoopss! Spoiler? sorry yee, salah sendiri belom nonton! loll) But gw ada part bosennya karena menurut gw tergolong berat itu cerita pembunuhan di Kereta aslik. Sedangkan Knives Out? Ringan banget tapi berat banget! bingung kan lo maksudnya apa? sama gw juga!

Terus ratingnya berapa?

10/10

YES! Ini salah satu dari 3 film yang gw kasih skor sempurna di tahun 2019 ini, diantaranya:
1. Parasite (ini gw gak sempet tulis di blog ini, dem!)
3. Knives Out... obviously


ini nih si om sutradara + yang nulis juga



Gak ada kata lain selain Jenius! buat Rian Johnson untuk bikin film whodunnit into the next level kayak gini. Tonton deh di bioskop sekarang, karena film genre kayak gini jarang banget belakangan ini di peredaran jadi lo mesti celebrate it dengan nonton di bioskop deh. VERY VERY RECOMMENDED!


"When people get desperate, the knives come out." - Benoit Blanc

Komentar

Postingan Populer