MOVIE REVIEW - JOKER (2019)


HE STARTED A JOKE WHICH STARTED THE WHOLE WORLD CRYING



Film apaan nih?

Woy! lo gak tau Joker? seriusan? jangan bilang lo tau Thanos tapi lo gak tau Joker. Udah ah males gw sama lo pada Marvel Fanboy. lol. Canda...candaa.. santuyy bos. Ini nih sih Clown Prince of Crime nya kesukaan gw nih di DC (yes, I'm a Team DC not Team Marvel, dari dulu sampai sekarang, bye) ini semacem Origin Story nya gitu deh, asal muasal si Joker kenapa dia bisa jadi Joker yang terkenal gila gitu. udeeh yee. 

Ceritanya kayak apa?

Settingnya di tahun 80an, jadi ada orang namanya Arthur Fleck (fun fact: ini asli karakter buatan khusus untuk di film ini, karena di komik DC pun gak ada tuh Arthur Fleck. Kata orang, kata oraang ini lhoo yaaa Arthur Fleck itu anonim dari A.Fleck -> Ben Affleck, si aktor yang mainin Batman *tok-tok! siapa? dari Cocoklogi, bye!) punya penyakit semacem suka ketawa di saat yang gak tepat gitu, kasian deh. Ini orang tinggal bareng sama nyokapnya, kerja jadi badut, punya impian jadi Stand Up Comedian yang sehari-hari selalu datengin dinas kesehatan buat curhat sama minta obat (kalo di Indo macem BPJS kali ya). Tapi ya gitu Social Life nya dia yang bikin ini orang hidup jadi berubah total setotal aktornya yang peranin men!



Menurut gw kayak gimana?

Lo pernah makan rendang pagi-pagi, terus pas sore mau ke malem tiba-tiba lo sendawa terus rasa rendangnya masih keluar membekas di tenggorokan yang tanggung lo itu gak? kalo pernah dan lo paham NAH! ITU RASANYA LO KALO NONTON JOKER! Ngebekas banget bos!!


Setressh gilaaa gw nonton ini film, gak pake lebay tapi ini bener-bener Cinematic Experience yang jarang, ehh bukan jarang lagi, tapi hampir gak pernah sama sekali di hidup gw, dimana gw keluar bioskop sampe sekarang (gw nonton hari Minggu, 6 Oktober 2019, gw tulis ini Selasa, 8 Oktober 2019) dengan keadaan masih tegang, degdegan, sesek dada, nginget-nginget semua apa yang gw liat di 120 menit gw nonton ini film 2 hari yang lalu.

Usually orang-orang ngerasain hal seperti itu kalo nonton film Horror, tapi ini jauh dari kata Horror filmnya, ini tuh definisi psychological thriller di tingkat psikis tingkat dewa bahkan. Gak heran ini rating penontonnya untuk 17 tahun keatas, bahaya banget buat anak kecil / remaja asli.

I'm not trying to give any spoiler in this review, just wanna give a thought like: ini film gak akan sehidup, sebagus, sedalem itu even directing nya udah bagus dari si Todd Philips (ini sutradara kesukaan gw dari film pertamanya Road Trip + yang paling bikin dia terkenal di The Hangover Trilogy) juga not to mention scoring music nya brooo dari si Hildur Guðnadóttir (ini orang bikin scoring nya series Chernobyl, lo kalo belom nonton mesti nonton deh tuh Series yang menang Emmy Award kemaren). Directing bagus, Writing bagus, Scoring bagus, itu semua disempurnakan sama siapa? hayoo tebak! 
YA JOAQUIN PHOENIX LAH!  PLEASE ACADEMY! JUST GIVE HIM OSCAR ALREADY! NO QUESTIONS ASKED! PLEASEE!!!!

Above all that, makna interpretasinya luas banget yang ada di film ini, terserah lo mau pake perspektif yang sebelah mana, yang jelas ini film tuh masuk di kategori film Bahas-able, lo bisa argumentasi bareng sama temen / pasangan lo setelah nonton film ini, ambiguity yang ada khususnya di ending bikin film bisa bikin percakapan lo sama temen lo jauh lebih seru. Lo bisa banyak baca teori orang-orang di Twitter, other Blogs, even Instagram. Buanyaaak banget deh pokoknya, dan itu sangat amat menyenangkan untuk dibicarakan. That's the point if you wanna make something, right? You want people talking about your final product? Because word of mouth behavior is a more effective and efficient rather than your advertise in many ways.

Terus ratingnya berapa?

Gw bisa kasih nilai ini film:

10/10

Mohon maap, lo bisa nge judge gw overrated tapi bodoamat! Ini film asli sebagus itu parah! Lo mesti nonton ini di Bioskop! Jangan di Layar Kaca 21 COME ON! Please appreciate ini semua penggiat seni, mereka bener-bener bikin film ini pake hati.




 So, Let's put a smile on that face, shall we?


Komentar

Postingan Populer