MOVIE REVIEW - BEBAS (2019)

BEBAAAS, LEPAAS, KUTINGGALKAN SAJA SEMUA BEBAN REALITA HIDUPKU

Film apa nih?

Tenang.. tenang.. ini bukan Iwa K the Movie kok. Ini cerita drama persahabatan wecewece gitu yang diambil dari judul Gengnya mereka namanya "Bebas" (bebas deh lo namainnya. lol). Diadaptasi dari Drama Korea judulnya Sunny yang rilis tahun 2011 kemaren. Jujur gw tulis review ini dengan attitude yang sama sekali gak banding-bandingin versi remake Indonesia dan versi original Koreanya, karena yaa gw juga gak belom nonton dan gak tau sama sekali cerita Sunny kayak gimana aslinya. So here goes..

Seberapa Bebas Persahabatan lo?

Film tema persahabatan versi Indonesia suka selalu mencuri perhatian gw sih dari dulu, terserah deh mau pake geng cewecewe, cowocowo, cowocewe nyampur pasti gw tertarik. Sebut aja kayak pionir kemajuan perfilman Indonesia Ada Apa Dengan Cinta? Geng nya Cinta dkk yang joget-joget di kamar masih kebayang sampe sekarang. Atau mau yang versi tongkrongan lakinya ada Mengejar Matahari, duh drama Ardi-Apin-Nino-Damar di rumah susun itu gak akan bisa gw lupain sih. Atau yang belom lama ini yang bikin trend naik gunung bareng temen-temen jadi new lifestyle (sebelum pandemi covid-19 ini yee, kalo pandemi ini mah namanya jadi new normal. lol) tidak lain tidak bukan 5 Cm yang sangat amat membekas di kepala gw. 

Jadi ya seru aja gitu kalo angkat cerita tentang pertemanan, nah kalo ngomongin Bebas gimana? Nih anggota member nya nihh:
  • Vina Panduwinata (Remaja: Maizura | Dewasa: Marsha Timothy)
    -> Si tokoh sentris film dari kampung Sumedang yang pas masih SMA cupu-culun-gak elok gitu deh, tapi pas udah gede jadi CANTIK BANGET! 
    **ini realita banget sih. hahaha!!! True story soal cewe yang gw gebet dan akhirnya jadi bini gw sendiri, buset pas masih SMA doi jelek banget, kulit gelap, dari daerah, makanya dulu pas gw SMA -gw di Jakarta, dia di Surabaya- kenalan, PDKT lewat SMS, chatting lama, terus pas gw  liat fotonya di Friendster (asli gw gak boong) gw langsung mundur teratur ngilaang! hahahaha. Fast forward kita kayak dipertemukan lagi dari temen punya temen pas udah lulus kuliah awal2 kerja, dan pas gw liat doi kayak: hah? ini siapa nih? kok cakep banget? gw deketin lagi, terus kawin dehh (HAHAHA JADI CURHAT KAN GW. BYE)
  • Krisdayanti (Remaja: Sheryl Sheinafia | Dewasa: Susan Bachtiar)
    -> Si Ketua Geng Bebas, strong yet humble, gw kalo jadi cewe di sekolah, gw mau banget sih be-temen sama ini orang.
  • Jessica (Remaja: Agatha Priscilla | Dewasa: Indy Barends)
    -> Gak mungkin dalam satu perkumpulan lo itu gak ada yang jadi tukang ngebanyol nya. Si tukang ngelawak, ceplasceplos, yang bisa bikin lo nyaman ketawa-ketawa sama dia. Iya pasti lo punya temen seorang Jessica sih dalam hidup lo.
  • Gina (Remaja: Zulfa Maharani | Dewasa: Widi Mulia)
    -> Nah karakter ini di dalam pertemanan lo pas masih sekolah harus ada nih! Si tajir yang punya rumah gede yang rumahnya bisa jadi tempat tongkrongan lo ngumpul kalo lo pulang sekolah. Hahaha.
  • Jojo (Remaja: Baskara Mahendra | Dewasa: Baim Wong)
    -> Seorang pria lemah gemulai yang sangat menyenangkan di tongkrongan perempuan-perempuan. So relate, temen yang kayak begini bisa bikin lo lupa waktu sih dengan ide-ide kreatifnya dia *true story
  • Suci (Remaja: Lutesha | Dewasa: Salvita Decorte)
    -> Si yang paling cakep dalam tongkrongan lo 

Everything is fine, until Reality hits you!

Mungkin kurang lebih inti dari cerita film ini ya ngomongin Realita. Itu yang bikin film ini jleb sih message nya. Semuanya seperti baik-baik aja pas masih SMA, lo cuma bisa seneng-seneng, ketawa-ketawa, bikin masalah sedikit-sedikit. Ketika lo udah gede dan ketemu sama yang namanya "keadaan sesungguhnya" kelar hidup lo. Oke coba kita jabarin ya satusatu:
  1. Krisdayanti, si ketua geng yang keliatannya bakal punya masa depan yang gemilang tapi nyatanya? Rumah tangga rusak, dari segi harta punya banyak emang, tapi semuanya itu percuma karena kalah sama satu isu yang gak bisa semua orang hindarin, yes! Isu Kesehatan. Percuma juga kan lo kaya banyak duit, gak bisa lo bawa sampe mati juga.
  2. Jessica, ya dasar orang santai sih walaupun dia juga struggle sama pekerjaannya dia jadi Agen Asuransi, tapi kayaknya dia emang fine-fine aja sih. haha, tapi ya lo bayangin sendiri aja deh susahnya jadi agen asuransi yang potensi kena penolakan di sana-sini *ngerti maksud gw lah ya.
  3. Gina, si tajir pas masih sekolah tiba-tiba roda berputar dengan cepat sampe bikin bisnis orangtuanya bangkrut dan jadi miskin mendadak pas gede, lagi-lagi ini sangat relate.
  4. Jojo, si periang yang gak bisa jadi diri sendiri depan orang tua dan lingkungan sekitarnya dia. Self Denial. 
  5. Vina, ini orang yang udah kena autopilot sih dalam hidupnya gw bisa bilang. Mungkin Vina gak tau apa yang dia punya sebelumnya semuanya ilang. Suami udah tajir, sokongan uang udah ada, cuma ya jadi kayak "kejebak" aja gitu, sampe bingung soal parenting, ya tipikal orang memiliki tapi tidak menikmati gitu kali ya. Sedih sih.
Alur maju mundur dari tahun 1995 ke masa kini yang disuguhin terasa enak untuk dinikmatin. Karena dibikin muncul satu persatu karakter masing-masing di versi dewasanya, jadi kita yang dibikin penasaran sendiri di setiap pertemuan reuni mereka. Sensasi asik ini sama gw rasakan ketika gw nonton Catatan Harian Si Boy (2011) nya Ario Bayu yang mau ketemu sama personil "geng" nya Boy yang udah pada gede-gede eh bukan gede lagi deng, tapi tua-tua, tua beneran. Lol. *Gw suka banget sama film garapan Putrama Tuta itu asli, sayang gak dilanjutin kisahnya si Satrio "the new Boy". Sad :(

Kemasan filmnya ringan dan segar, gak perlu pake banyak mikir lo bisa nikmatin film ini dengan mudah. Yang gw suka tuh karena pakem Friendship nya yang ditekenin, ada sih sedikit bumbu cinta-cintaan tapi itu cuma buat pemanis sementara bukan hero pertama. Apalagi soundtrack-soundtrack 90an yang bikin lo bisa nyanyi-nyanyi sama manggut-manggutin kepala lo sendiri pas nonton film ini.

Jadi kayak di masa lalu lo disuguhin sama hal-hal nostalgia 90an, (kalo lo generasi tahun segitu sih pasti gw jamin lo menikmati film ini, apalagi istilah-istilahnya kayak kata "Sepokat" udah lama banget gw gak denger kata itu buset! hahaha), dan di masa sekarangnya lo disuguhin sama Marsha Timothy. Duh gw speechless sih sama bininya Vino G Bastian ini. Dia tuh satu level diatas kata Cantik tau gak?  Sekedar kata Cantik doang gak cukup buat dia. Wanita berkelas kali ya bisa dibilang, apalagi pas adegan dia pake baju SMA terus ngelabrak anak2 bandel gitu, ampun deh!



Sebebasnya gw lah ya mau skor-in berapa

8.5 / 10

Yes, ku sangat enjoy nonton ini film, ensemble cast nya fresh, peran yang dibawain masing-masing karakternya gak mengecewakan. Gw suka sih, Sheryl Sheinafia bisa ambil spotlight itu dengan maksimal, Baim Wong juga surprisingly bisa deliver his character into next level, ya intinya gak ada yang miscasting sih gw bilang. Dan ceritanya? gak basabasi, cukup straight forward, tapi ada tapinya tetep. 



Gak tau kenapa gw ngerasa editing filmnya agak sedikit kasar, kayak transisi antara masa lalu dan masa kininya gak smooth, potongan lagu dari scene satu ke scene berikutnya gak rapih euy, minor sih tapi buat gw agak ganggu. Apalagi masuk di babak ketiga filmnya menurut gw agak ada wadaw nya sih, Macem kayak adegan konfrontasi Vina dewasa ke si Jaka dewasa yang "cuma" gitu aja (gw juga kalo jadi Jaka digituin sama cewe yang gw udah gak ketemu lama banget, respon gw pasti kayak: hah?! apaan lo sih nyet, gitu. lol) Terus *SPOILER ALERT* adegan final nya Suci pas SMA, kena gores botol, luka, terus geng Bebas dibubarin sama pihak sekolah gw gak dapet emosi pembubaran itu, beda gw dapet emosinya pas Vina dewasa liat video masa lalu mereka yang nyebut satusatu cita-cita mereka apa pas mereka udah pada gede. Ya intinya ekspektasi pamungkas di timeline SMA itu semacam gak sesuai ekspektasi gw aja sih, kayak si penulis cerita Mira Lesmana sama Gina S. Noer pengen selesain aja cepet-cepet ceritanya. Again, gw nulis ulasan ini pake sudut pandang dengan sikap gak membandingin versi Koreanya lho yah. Gw completely no idea versi aslinya kayak gimana pemaparannya. However this film is totally recommended kok!




Kenapa Bebas bisa gw bilang sebagus itu? Karena ya filmnya nyambung dan dekat sama suasana sekitar kita, apalagi kalo lo anak generasi 90an yang sekarang udah berkeluarga terus punya anak (ya kayak gw sama bini gw sik. haha) Akhir kata gw bisa bilang valid dengan statement ini: Semakin relate itu film dengan lo, maka semakin bagus itu film buat lo. 


bonus tambahan sama video clip Bebas cover terbaru juga deh (gw suka soalnya. lol)

Komentar

Postingan Populer