MOVIE REVIEW: PENYALIN CAHAYA (2021)


(Bukan) Tukang FotoKopi

wait, wait, wait, sebelum lo pada langsung menghakimi dengan statement:
"ah elah, film kasus kan nih?!
"ngapain lo nonton film yang one of the crewnya ternyata pelaku Kekerasan Seksual (KS), hah?!"

Satu sisi gw suka dengan pendapat beberapa orang di twitter yang kalo gw rangkum kurang lebih gini statementnya:
"ya masa, dosa 1 orang terus lo dengan lantangnya bersuara untuk boikot 1 film yang dikerjain oleh 100an orang lebih" agak gak fair, karena ini 1 karya yang dibikin oleh banyak orang, jadi gw mencoba untuk membahas dari segi substansi dari film ini sendiri. Walopun memang gw secara jelas mengutuki si pelaku yang ternyata salah satu dari penulis cerita itu sendiri. Duh gemes banget gw asli. Ntar deh ya gw bahas. Stay tune!


Uncommon Indonesia Movie Genre


kusuka jajaran castnya!

Genre semacem: Drama Percintaan, Drama Keluarga, Horror, dan Komedi itu berhamburan dimana-mana buat gw untuk perfilman Indonesia, dan gak ada yang salah soal itu, wong itu works buat audience sini. Gw bilang genre Penyalin Cahaya ini jarang ditemuin sama penonton awam kayak gw karena ini kena di genre: Mystery, Crime, Drama, Thriller itungannya (bukannya genre ini gak ada ya, bisa jadi ada juga film Indonesia yang genrenya kayak gini, tapi gw belom nonton aja, boleh lho rekomendasiin gw di kolom komentar. hehehe)

Nah karena jarang genrenya, gw jadi sangat terpaku fokus dengan film yang durasinya ada hampir 2 jam ini. Sadis sih intensnya! Bukan maeen! Experience tegangnya mirip kayak nonton Searching (2018), tegang tapi penasaran tapi tegang tapi tetep penasaran tapi ya tegang,, yaaa kayak gitulah, lo ngerti kan maksud gw?

Uncommon (but Relate) Topic

scene kayak gini tuh indah banget sih kata gw

Yes! Film ini ngangkat tema Kekerasan Seksual (KS) yang terjadi di protagonis kita yang namanya Suryani (Sur) diperanin sama Shenina Syawalita Cinnamon, gw jujur baru tau dia di film ini sih, aktingnya sadis juga. Suka tuh gw kalo jajaran casting film Indonesia yang jarang kita liat di film lain, bosen gak sih tiap ada film baru aktor-aktrisnya itu muluuu. But balik lagi ke topik KS, Sekelibat ngingetin langsung gw sama film Bombshell (2019) yang sadisnya adalah true story dari bosnya Fox News di US sono. Gila sih tuh film... Eniwey soal Sur, jelas kita langsung bisa kenal Sur ini kayak gimana orangnya dari eksposisi awal yang dipaparin sama si Sutradara & Penulis: Wregas Bhanuteja (promising director sih ini orang untuk masa depan perfilman Indonesia).

Nah karakteristik Sur tuh jelas di babak pertama film:

  • Junior kampus alias nobody yang ikut terlibat di komunitas teater somebody (Mata Hari yang menang kompetisi ke Kyoto, Jepang cuy)
  • Pinter dari segi akademis & teknologi, keliatan dari tanggung jawab design website komunitas teaternya sama bisa find a phone mamanya pake laptop
  • Kaum pra-sejahtera, Mamanya usaha warteg rumahan
  • Anak dari papa yang strict sama peraturan, karena memang orang yang menjaga citra di sekitar tetangga rumahnya dan pribadi agamanya kuat

Once kita sebagai penonton udah tau dan kenal sama protagonisnya, seketika itu juga kita bisa langsung simpati dengan apapun yang akan kejadian sama dia.

Dan ya singkat cerita, Sur dateng ke afterparty Cast & Crew Mata Hari, terus pesta, minum, mabok, dan disitu baru terjadi konflik cerita filmnya. Gak gw mau jabarin detail ah, nonton sendiri yaa.


Uncover The Truth

kok gini? kok gitu?

Kejadian after maboknya Sur yang bikin Sur kehilangan hak beasiswanya di kampus. Requirement dari beasiswa memang bukan akademis aja, tapi ternyata ada berperilaku baik juga. Ya maklum kita budaya Timur, sangat menjunjung tinggi tentang akhlak & martabat (gak bisa komentar banyak2 gw soal ini)

Trigger awalnya memang dari postingan selfie Sur yang udah mabok, terus makin bingung kenapa bajunya juga udah kebalik, terus kok gini, terus kok gitu, part-part itu yang jadi titik serunya, karena kayak pelan-pelan mengungkap BOOOM! Akhirnya apa yang terjadi sesungguhnya.

Sur memperjuangkan sebuah kebenarannya untuk diri sendiri yang notabene gak penting dan relevan buat orang-orang sekitarnya, apalagi buat orang tuanya sendiri. Dramatisasinya masuk akal, gak maksa, dan itu bisa terjadi di sekitaran kita. Jadi bisa dibilang konfliknya dekat, itu yang bikin film ini jadi gampang melekat.

My Thoughts

Terlepas dari kontroversi di balik layarnya, film ini gak heran dapet banyak penghargaan di Festival Film Indonesia (FFI) 2021, sebut aja salah tiganya: Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik. Dan ironisnya salah satu dari Penulisnya ternyata adalah pelaku KS itu sendiri di masa lampau. Juga hal ini memang baru ke blow up nya waktu film ini udah mau rilis di Netflix tanggal 13 Januari 2022 kemarin. Itu jujur gw geleng-geleng sih. Masalahnya seakan-akan ini jadi kayak karya (maaf) masturbasi dari si penulis, semacam menyenangkan diri sendiri dengan dituangkan di karyanya buat disaksiin banyak orang. Hidih moment gak tuh?!

Gw gak bisa bayangin asli si Wregas ngobrol buat bikin jalan ceritanya sama rekannya si Henricus Pria (HP) yg ternyata pelaku, namanya udah diapus sih di credit title, tapi di IMDB masih ada. Mereka kayak diskusi seru gitu kan, eh abis itu menurut lo gimana? jadi setelah ini kira2 pelakunya akan ngapain? si korban akan gimana? terus nanti blablabla.. Percakapan yang dituangkan jadi skenario seolah-olah semua "inspired by true story" dari HP nya sendiri. Sedih banget gak sih?!

siapa yang gak nangis di scene ini?

Mungkin setelah ini gw agak menyenggol spoiler, jadi you've been warned yaak, kalo belom nonton, berenti sampe sini aja dulu. hehe.

Terkesan memang narasi ini mau ceritain kayak 1 Semut lawan 1 Belalang, mirip A Bug's Life (1999). Sur orang kecil, berasal dari keluarga yang ekonomi rendah melawan orang yang powerful dari segi keuangan, semuanya pokoknya bisa dibayar (another irony sih ini *sigh). Makanya sebagai konsekuensi Sur wong cilik protagonis kita outputnya "kalah" dari pertandingan melawan antagonis ini.

Dan bisa ngelawan balik gimana caranya? ya pake another way dengan ending yang disuguhin oleh sutradara diakhir cerita yang bisa dibilang pake slogan: "Bersama Kita Bisa" :")


9/10

Akhir kata gw cuma bisa bilang, this movie is another level dari perfilman Indonesia, gw bener-bener optimis banget dengan sineas-sineas sekarang, karena dari segi teknis produksi film ini gila banget sih indahnya, suka banget gw sama cinematography, color grading, editing, acting, dan aspek teknis lainnya. A highly recommended Indonesia Movie! Mesti ditonton sih ini ada di Netflix.

penyalin cahaya, literally

 

 

Nih trailernya nih

Komentar

Postingan Populer