Serigala Terakhir Film & Vidio Original Series Review (2009 - 2020)




(bukan) Ganteng - Ganteng Serigala

Apaan nih?

Jadi ceritanya kayak baru weekend lalu gw nonton Serigala Terakhir nya Upi yang dirilis 2009 lalu. Dengan minim ekspektasi gw pikir ini film ala-ala gitu kan gw nonton di Netflix under judul "Last Wolves" agak misleading sih somehow, gw prefer "The Last Wolf" euy, kan subyek Serigalanya singular bukan plural (apa tauk kayak gini dibahas) 

Nah abis gw nonton sampe ending, gw langsung geleng-geleng kepala (in a positive way lho ya), sambil nanya dengan teriak di dalem hati: "LO KEMANA AJA BES BELOM NONTON FILM INDONESIA MACEM GINI? Men jadi gini men itu film ada kurleb 11 tahun yang lalu, dan saat tahun segitu film Indonesia masih banyak film-film horror klasik, komedi-komedi jorok, sama drama-drama cheesy gitu deh. Mungkin yang gw inget tahun 2009 itu film Indonesia yang "WOW" buat gw itu film pertamanya Trilogi Merdeka yang gw suka banget itu tuh yang judulnya Merah Putih. Gw inget sih saat itu film Serigala Terakhir rilis, gw liat posternya kayak "ah felem apaan sih nih, posternya juga kayak gitu, Indo coba bikin film mafia2 gak jelas" hahahahaha. Terus gw tonton dah asli Sabtu kemaren. Abis nonton: BUSET! INDONESIA 1 DEKADE LALU BISA BIKIN FILM YANG VIBE-VIBENYA KAYAK THE WARRIORS (1979) SAMA FILM-FILM MAFIA HONGKONG SEMACEM INFERNAL AFFAIRS (2002)

Salut-sesalutnya gw! Tema persahabatan macem Mengejar Matahari tapi dibalut pake jotos-jotosan, pistol, narkoba2an, sama gangster2an. Sakit! Walopun memang secara storytelling ada yang bikin gw ngerenyit dahi karena kayak agak ada plot hole sanasini, tapi masih bisa terobati dari segi Plot sama Akting aktor2nya.

Terakhir tapi bukan Berakhir

Ya sedikit spoiler filmnya nih ya, gw kira yang jadi serigala terakhirnya si Vino alias Jarot itu, ternyata si penulis sekaligus sutradaranya bikin jadi 2 interpretasi sih, karena dari segi sisa Terakhir itu ada si Fathir yang bunuh Jarot (biar bisu tapi badass!), tapi di sisi lain ada Bara kecil si adenya Ale sama Aisha yang penuh dendam gara2 dibunuh sama geng Naga Hitamnya Fathir - Jarot. Seru sih. Hahhaa, gw main sebut-sebut nama karakternya, sama poin ceritanya. makanya langsung nonton aja udaahh. biar bisa kenal tuh sama karakter2nya. loll

tuh lo liat si Abimana cuma jadi pajangan aja di belakang di film thn 2009. haha


Nahh, part serunyaaa disini nihh, dikala ending yang gantung itu orang-orang mungkin termasuk gw kalo nonton di saat 11 tahun lalu, pasti akan berharap sequel segera mungkin. Dan akhirnya gw baca di twitter ada lanjutan seriesnya Serigala Terakhir di Vidio. Terus pas gw baca sinopsisnya, ini pake sudut pandangnya si Alex (Abimana Aryasatya) yang dimana si Alex ini jadi pemeran pendukung doang di Film Serigala Terakhir tahun 2009 lalu. Perannya Alex ya cuma jadi algojo gangster yang gak signifikan aja saat itu, keliatannya cuma brutal, doyan marah, sama jago berantem, dan scenenya gak banyak. Bahkan gw liatin di credits roll gak muncul nama Abimana yang dulu di tahun 2009 terkenal sama nama Robertino. hahaha

Maksud gw, ini tuh sangat amat promising sekali sih! Apalagi Abimana si Gundala ini yang dapet spotlight jadi pemeran utama di series ini kan. Salah satu aktor Indonesia yang paling gw suka emang Abimana sih (ya, gw laki, seorang suami anak 2, tapi emang gw suka banget sama Abimana! loll) Dari dulu gw udah suka aktor ini dari dia main Lupus di Indosiar, sama comebacknya dia yang bisa dibilang di film one of my favorite film Indonesia of all time "Catatan Harian si Boy"

Jadi dengan ekspektasi sangat tinggi gw tonton lah 2 episode ini di Vidio dengan gratis (alias ngetes, apa bener bagus ato gak. haha), setelah gw abisin nonton 2 Eps pertama gratis, akhirnya gw putuskan gw masih pengen tau ceritanya gimana nih si Alex sampe Episode 6, jadi gw langganan deh tuh sama Vidio.

The Last Wolf Redemption

Cerita singkatnya gini, Alex mantan gangster Naga Hitam yang baru bebas setelah 10 tahun di penjara mau bertobat. Dan biasanya kalo orang mau nebus kesalahan ya ngapain lagi kalo bukan balik lagi ke keluarga? disitulah ada karakter Aryati (Hannah Al Rashid) sama anaknya Kayla (Nikita Rizki), tapi ternyata masa lalu Alex tetep ngehantuin dia ditambah karakter misterius si Ariel (Rizky Nazar) dan keluarga Alex yang jadi ancamannya.

Gitu plotnya, klasik? iya. Di eksekusi bagus? kagaj. Agak disayangkan, padahal dari segi teknik pengambilan gambar, produksi, aktor-aktris udah bukan kelas ecek-ecek. Keliatan ini series mau dibikin serius banget, bukan standar biasa-biasa. Tapi ayo kita bahas!

Ya gw bukannya mau cari jelek-jeleknya, karena menurut gw ini series udah next level penggarapannya, dan gw percaya sama yang namanya continous improvement. Tapi yang gw agak sedikit sesali penulisan ceritanya. Premisnya padahal udah menjanjikan banget. Alex si gangster "legendaris" balik lagi ke permukaan ketemu sama gangster generasi baru. Tapi konflik dramanya datar cenderung ke repetitif. 

Padahal ini bisa banget kalo penulisannya lebih rapih sama tajem, asli ini bisa jadi ada 3 plot series yang bisa banget jadi epic, karena yang gw tangkep ada 3 pemaparan cerita disini:

1. Alex's Saga

-> ini tuh cenderung drama sinetron konflik Alex sama Aryatinya. walopun Abimana tuh emang paling bisa peranin tokoh yang kayak gini. He's the magnet of this series! Gak ada Abimana, mungkin gak gw lanjutin sampe abis.

2. Naga Hitam vs Kapak Merah 

-> sub plot yang punya potensi, tapi gak diruncingin bagus, apalagi gak ada aktor yang mumpuni yang bisa jadi nyawa di part ini. Hah? Siapa? Revaldo AADC Series yang jadi BOS DELON di NAGA HITAM? COMEON! loll. Siapa lagi? Tio Pakusadewo? yang jadi BOS SILAS di KAPAK MERAH? Cuma jadi pajangan Cast doang, gak ada beliau lancar2 aja ini series. Terus siapa lagi? anggota2 gangsternya? mas2 random yang gak tau akting terus disuruh syuting aja, gak dapet emosinya sama sekali

3. Ariel's Arc

-> Sebenernya bisa jadi Plot Twist of all this Season 1 series, since ini orang Imposter yang punya peran kunci dari segala yang terjadi, tapi malah udah "dibocorin" di trailer dengan kostum "jaket kupluk hitamnya". Sedih sih

Terus gimana berantem-berantemnya? Cenderung monoton, gitu-gitu aja, keliatan polanya, macem kayak produksi serial Sapu Jagatnya Willy Dozan di 90an, padahal mah ini udah 2020. huhuhuu.

Endingnya? super antiklimaks! Adegan terakhir Alex VS Ariel/Bara yang mau di sok2in kayak Maximus VS Commodus di film Gladiator (kan Maximus sama Alex sama2 udah ada luka tusuk sama luka tembak gitu ceritanya. dont judge me. haha) itu aneh banget! Ekspektasi adegan brutal klimaks, tapi malah ditutup pake dramatisasi gak penting. duh! ngetik sambil sebel2 sendiri gw.

Ujung2nya di epilogue seakan-akan kasih bikin tanda buat bakal ada Serigala Terakhir Season 2. Gw gak tau sih ini nasib seriesnya gimana, karena buat gw kalo ada syukur, kalo gak ada juga gapapa. 

Dari semua kekurangan itu, tetep buat gw, dari total 6 Episode Serigala Series ini, paling gw suka ya cuma Pilot Episodenya yang pertama aja udah. Gw udah berharap vibenya akan bakal sama terus kyk episode 1, tapi sayang sampe episode 6 malah cenderung turun abis grafiknya.

Final Score

Serigala Terakhir Film (2009) = 8/10

Gak ada obat, film cult classic. Lo harus nonton. Biar lo tau Indonesia tuh emang bisa banget bikin film bukan aja buat orang2 Indonesia, tapi bisa buat Dunia!

Serigala Terakhir Vidio Original Series (2020) = 5/10

Ibarat lo ke restoran fancy, tempatnya nyaman, AC nya dingin, dekorasi nya bagus buat foto-foto, terus presentasi makanannya di piring cantik, tapi pas lo makan: makanannya gak enak. sedih gak lo? Gw sih sedih. pake banget..


Nih trailernya Serigala Terakhir filmnya


Nah ini trailer Seriesnya, sayangnya Trailernya lebih bagus dari keseluruhan seriesnya

Komentar

Postingan Populer