VIDEO GAME REVIEW - THE LAST OF US PART II (2020)



THE LAST OF (TWO SIDES) OF US



Heh? Apaan nih?

Kok bukan Film? Kok bukan TV Series? Iyeiyeee ini Game PS4, sukasuka gw mau nulis apaan di blog dimarii. Gw cuma gemes banget aja sih bahas ini gim! Kenapa gemes? CERITANYA itu lhoo! yaampun sekali. Kalo lo suka main game tapi orientasi nya ke storytelling bukan ke gameplay ini game ceritanya sakit jiwa banget sih. 

Okeoke sebelum lebih jauh, I'll put some context over here, jadi tahun 2013 yang lalu Developer Game yang sangat amat gw cintai yang namanya Naughty Dog (terkenal ini bikin Crash Bandicoot Series, Jak & Dexter Series, Uncharted Series) bikin The Last of Us yang pertama. Menurut gw banyak juga game yang punya narasi cerita single player campaign yang bagus, sebut aja kayak Call of Duty Modern Warfare series, Assassins Creed series (yang Ezio Auditore saga aja tapi ya. lol), Uncharted Series yang mau dibikin film dimainin sama Tom Holland yang jadi Nathan Drake muda (we'll see ini bakal bagus ato kagak, huff). Soalnya suka gitu kan semacem jadi kutukan dari dulu, sebagusbagusnya cerita di Video Game, tapi begitu dibikin film, najis deh pasti, sebut aja Resident Evil Series (yawlaaa, who the hell is Alice hahh? ku personally tak suka). Paling yang menurut gw acceptable dari semua yang terburuk cuma Tomb Raider nya si Alicia Vikander kali ya, itupun juga masuk kategori "B" (biasa) aja buat gw.

Balik lagi ke TLOU! (The Last of Us),  cerita yang pertama itu sakit jiwa! Dari sekian banyak game yang bagus jalan ceritanya, gw sangat amat tertampar dengan narasi pembawaan ceritanya TLOU, kenapa? Karena selain character development, ada faktor yang paling penting yang kadang dilupain sama orang-orang untuk bikin suatu cerita yang kuat, yaitu: RELATIONSHIP OF EACH CHARACTER! YES! That's it!

Lo bukan orang normal kalo lo gak attached dan gak sebaper itu sama hubungan antara 2 tokoh karakter Joel & Ellie, alih-alih hubungan dari stranger bisa jadi kayak father and daughter sepanjang perjalanan kisah cerita. It's a pure relationship journey. Salut banget gw sama Neil Druckmann (Creator) bisa aja kepikiran bikin story seindah itu sampai di ending yang bikin banyak orang pro & kontranya, yaiya coba gimana gak dilematis, Joel bisabisanya ambil keputusan untuk selamatin Ellie dari pembuatan Vaksin yang bisa sembuhin seluruh umat manusia dari virus Fungus (virus jamur yang orang kalo kena bakal jadi kayak zombie gitu).

Supaya nyambung, bayangin ya, pas nih pas blog ini ditulis kita kayak udah jalan 6 bulan dari bulan Maret 2020 kena PSBB akibat Covid 19 sampe akhir Agustus sekarang, oke lanjut kayak sekarang lagi pandemi seluruh dunia sama Corona, buanyaaak banget orang kena dan kita harus jaga-jaga dengan segala masker dan cuci tangan, terus ada 1 orang si Ellie yang Immune sama ini penyakit, dan kunci pembuatan Vaksin nya ya harus bunuh si Ellie karena Vaksinnya terdapat dari otak nya si perempuan kecil ini, dan yang Joel lakukan? He don't care about vaccine, or saving the world, he just loves Ellie. Dan kita sebagai pemain yang sudah ikutin journey mereka berdua seakan-akan setuju dengan keputusan Joel yang sangat amat kontroversial itu di klimaks cerita TLOU pertama ini. Lalu akhirnya? Ellie pun heran karena sudah siap jadi bahan vaksin kenapa dia tiba-tiba pulang sama Joel dengan gak ada apa-apa? Ellie tanya Joel apa yang terjadi kan, terus Joel bohong deh ke Ellie, Joel bilang, banyak yang immune kayak Ellie, jadi Ellie nya gak dipake deh. 

"Swear to me Joel!" - Ellie
"I Swear" - Joel
-BOONG! :(

ini mukanya Ellie pas diboongin Joel di ending TLOU part I :(

Dengan ending yang sempurna itu, gw sampe mikir kalo mau dilanjutin lagi ke Part 2 jalan cerita nya bakal kayak gimana? Dan ide itu pun didobrak abis di sequel game ini sumpah! Saatnya gw coba review based on story nya ya bukan dari gameplaynya, karena gw tim storytelling, bukan di game mechanics. hehe. here goes..

LOVE vs HATE

TLOU Part 1 murni cerita tentang LOVE, TLOU Part 2? the opposite of it: HATE. Oh yes, 100% tentang Kebencian. Bahkan sampe ini game mau rilis, karena bocor spoiler, juga storylinenya sampe-sampe gak sedikit pecinta game ini juga benci banget sama ini game. haha. Kalo gw gimana? kalo gw SUKA BANGET PARAH! hahahahaha. Terlepas dari kebocoran jalan cerita ini ya. Gw sangat amat suka jalan cerita dan pemaparan semua kisahnya di Part 2. Oke abis kalimat ini gw akan sebut spoiler abis-abisan jadi read it in your own risk aja yak. Unpopular opinion mungkin gw dibanding sama gamer-gamer lain yang gak suka banget sama ini game. Tapi buat gw ini game ya emang dasar Masterpiece aja dari ceritanya, why? Karena lo bisa sadar masing-masing orang punya reason yang berbeda-beda untuk melakukan sesuatu hal. Ini ngomongin apaan sih? oke kita jabarin sekarang!

Ellie udah puber

Jadi Naughty Dog ini bener-bener Naughty literally sih, kita sebagai gamer di "kerjain" lagi sama si creator game. dikerjain kayak gimana? dikerjain kayak: ya lo gak pake karakter utama yang lo ekspek akan lo kontrol sepanjang keseluruhan game. Experience ini sebenarnya udah pernah dilakuin ke kita di game apa hayo? tau gak? Lo bukan gamer PS nih kalo lo gak main game ini. Yes tidak lain tidak bukan: Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty. Dikala lo terkagum-kagum dengan Solid Snake di MGS1 di PS1, terus pas launching PS2, semua orang excited parah buat mainin Solid Snake di MGS2, dan ternyata TETOT, Hideo Kojima bikin kita kontrol Solid Snake cuma 1/4 game diawal doang terus kita "dipaksa" mainin jadi karakter pirang gak jelas si = Raiden. sakit sih itu. hahahaha!

Nah TLOU2? SAMA! Bahkan lebih parahnya lagi, kita tiba-tiba mainin karakter perempuan gak tau ini siapa orangnya, terus saking gak jelasnya kita tetep mainin, eh terus karakter perempuan ini ketemu sama si Joel, iya si Joel karakter utamanya di TLOU yang kita udah cinta  banget sama ini bapak, Joel bantuin selamatin si cewe random ini, terus pas tengah cerita, ini perempuan all of sudden langsung DORR tembak ke Joel, terus digebukin sampe mati. KAN GILAAA BUSET! ITU KARAKTER YANG KITA CINTAI SELAMA INI! LO BUNUH GITU AJA?!! INI JADI SEMACEM GAME OF THRONES VIBE ATO GIMANA COBA?! *terus saking gw emosi gw pake kapital semua. haha! Tapi moment itu gw bener-bener sesek dada sih liatnya. Dan di kepala gw bertanya-tanya ini cewe siapa sih anjir! Sambil gw meneteskan air mata liat Ellie disekap sambil liat Joel digebukin di kepala pake stik Golf. ITU TRAUMATIS GILA SIH!

Joel bukan o(joel)

Dan dengan narasi alur maju-mundur diceritain lah dengan gamblang semua kelanjutan ceritanya dari konsekuensi yang Joel lakukan di TLOU Part 1, jadi perempuan random yang matiin karakter kesayangan kita ini ternyata namanya Abby. Abby ini siapa? Abby ini perempuan yang badannya kayak laki, yang punya bapak dokter ahli bedah yang udah mau bunuh Ellie di TLOU 1 buat bikin vaksinnya, tapi duluan dibunuh sama Joel untuk selamatin Ellienya. Nah kan baubau aroma balas dendam kayak cerita film India kan. 

Abby nehh
Eits tapi disini menariknya yang mau gw sedikit bahas. Ada flashback dari Abby kecil yang masih play-play sama bapaknya, dan diliat Abby itu emang anak manis, dan bapaknya baik banget, mereka bener-bener mau usaha untuk cari vaksin untuk sembuhin penyakit yang udah hancurin seluruh dunia, karena bapaknya Abby itu satu-satunya dokter bedah yang masih hidup yang bisa ciptain Vaksin dari orang yang punya imunitas kayak Ellie. 

Nah Coba lo pikirin, kalo misalkan ini semua dibalik, TLOU 1 itu ceritanya full tentang Abby dan Bapaknya dan kita bisa attached banget sama 2 karakter ini, terus tiba2 di ending ceritanya ada bapak-bapak random egois yang cuma pikirin dirinya sendiri ngebunuh si bapaknya Abby ini yang udah mau selesain misinya untuk "menyelamatkan umat manusia" dari vaksin yang mau dibuat dari tubuh dan otak perempuan kecil yang namanya Ellie. Pasti lo benci banget sih sama tuh orang yang namanya Joel! 

Mungkin ada yang berbeda pendapat sama gw, but what I'm trying to do is to understand the other sides of the story. Menurut gw Neil Druckman sebagai creator cerita nya jenius banget, maparin itu semua, dan kita sebagai gamer disuruh mikir, gimana rasanya coba jadi Abby? Dengan emosi yang berkecamuk banget dari 1/4 babak game ini pas di adegan Joel dimatiin, tapi lamalama akhirnya gw pun bisa mengerti. Masing-masing orang untuk melakukan sesuatu hal pasti punya Reason masing-masing. That's why bener ada dulu pernah denger kata orang: "Cobalah Memahami dulu sebelum Membenci"
itulah yang dilakukan oleh Neil Druckmann. (fix gw tulis ini unpopular opinion banget sih, bakal banyak yang beda pendapat sama gw, hahaha, tapi itulah indahnya perbedaan kan gaes! lol)

Kenapa gw bisa bilang kayak gitu? Lah wong gw dari benci banget sama Abby diawal tiba-tiba gw berhasil jadi total simpati sama dia di setengah game berjalan coba. haha! That's the beauty of storytelling! Lo bisa jelasin dengan bagus makna 1 Koin yang sama tapi selalu punya 2 sisi yang berbeda.


Neil Druckmann buat gw berhasil buktiin bahwa The Last of Us is not always cerita tentang Joel & Ellie aja disini, banyak banget sekte-sekte, dan kelompok-kelompok lain yang jauh lebih berbahaya diluar sana. Satu sisi kita memang disuguhkan dengan perjalanan Ellie vs the World untuk cari Abby (motivasi balas dendam lagi), dan sisi lain kita kontrol Abby dengan narasi cerita WLF (Kelompoknya Abby) vs the Seraphites / Scars, a whole new (side)story tapi gw sangat enjoy part Abby, bahkan gw bisa bilang gw sangat suka cerita Abby disini daripada Ellie. Apalagi sampe di titik konfrontasi antara Abby vs Ellie yang pertama di theatre gw di side nya Abby banget! hahaha, kenapa gw part Abby? Abby somehow lebih manusiawi, dia bunuh Joel karena murni benci selain bapaknya sendiri dibunuh, Joel pun bikin semua umat manusia kena akibatnya (no vaccine), tapi bukan berarti Abby barbar, dia gak bunuh Ellie dari pertarungan yang pertama yang notabene Abby udah unggul banget tuh, Abby forgives & spares Ellie's life coba! Sorry Ellie, you're cute, but you're not Badass! gak se badass Abby  yang bunuh Ratking! wah stage itu sakit sih! haha!

FORGIVE vs FORGET    

Yes, kayak yang gw bilang disclaimer diatas, gw sangat amat menekankan dari segi cerita yahh, bukan dari gameplaynya. Buat gw cerita yang kedua betulbetul BEYOND MY EXPECTATION. Dunia yang luas, drama yang intens, juga konflik yang padat. Terlepas dari lo pada yang benci sama Abby, atau sedikit kesel juga sama Ellie, ending TLOU Part II ini memang dibikin agak sedikit gantung. Tapi pun kita bisa samasama tahu bahwa dibalik kebencian Ellie, Ellie pun juga bisa mengampuni Joel yang bohongin dia dari TLOU part I, dan Abby yang udah bunuh Joel, and that's the moral of the story!


Indah banget buset! gak habis pikir gw, sangat bersyukur gw dengan umur gw yang injak 29 tahun pas 26 agustus kemarin masih bisa dapat experience bermain game dengan cerita sebagus ini.

APALAGI NIH APALAGI! Gw dapat kabar kan nih dari HBO Max kalo The Last of Us ini mau dibikin TV Series nya! AAARGHHH!! SO EXCITED! Creator seriesnya si Craig Mazin (yang bikin Chernobyl series) terus writernya si Neil Druckmann sendiri!! Buset deh gw optimis sangat sih ini sama seriesnyaaa yaampun! GAK SABAAAR WOYY!!!

MY SCORE?

10/10

Yes itu skor gw! bodoamat gw bilang ini game bener-bener bagus banget yaampun dari segi ceritanya. Gw tulis blog ini pas gw baru tamatin 1 kali ini game, dan gw ada rencana kayak pengen mainin 500 kali lagi! BAGUS BANGET CERITANYA!!! Anak gw si Jose Efraim (sekarang baru umur 2 bulan), pas udah gede harus banget kenal yang namanya Joel & Ellie & Abby sih! haha!


Komentar

Postingan Populer